Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Rusia Lirik NTB, Investasi Bangun Kilang Minyak

Alexsei Deriabin dan Deputy Representative Russian Federation and CIS, Galina Romanova, saat menemui Wagub  NTB, H. Muh. Amin, SH.M.Si, Senin (31/7/2017).

Mataram, Bimakini.- Federasi perusahaan perminyakan Rusia menjajaki peluang berinvestasi di kawasan global Hub Bandar Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Perusahaan raksasa yang berkedudukan di Moskow, Rusia itu, tertarik membangun perusahaan kilang minyak, dengan kapasitas produksi mencapai 300.000 barel perhari.

Untuk mewujudkan Penanaman Modal Asing (PMA) tersebut di NTB, maka dalam waktu dekat akan segera dilakukan study kelayakan. Sejumlah perusahaan asing dari Amerika, China dan Inggris, juga akan ikut berkolaborasi untuk mewujudkan pembangunan kilang minyak tersebut. Mengingat dana yang dibutuhkan untuk mendirikan perusahaan tersebut mencapai dua ratus triliun.

Rencana tersebut disampaikan Representative Russian Federation and CIS, Alexsei Deriabin dan Deputy Representative Russian Federation and CIS, Galina Romanova, saat menemui Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH.M.Si di ruang kerja Wagub, Senin (31/7/2017).

“Dengan dibangunnya perusahaan kilang minyak di Global HUB, Bandar Kayangan di Kabupaten Lombok Utara, maka Lombok ini nanti akan menjadi pusat distribusi ke wilayah timur Indonesia,” ungkap Aleksei, yang saat itu didampingi Kepala Bappeda Provinsi NTB, Ridwansyah. Turut mendampingi saat itu Inisiator Bandar Kayangan, Son Diamar.

Rencana pembangunan perusahaan tersebut akan diputuskan setelah melewati studi kelayakan oleh tim dari Rusia tersebut. Apabila layak dan memenuhi syarat, maka akan segera dibangun PT. Perusahaan Modal Asing (PMA) yang dipusatkan di Jakarta. Dan ini akan menjadi cikal bakal perusahaan minyak di NTB.

Menanggapi hal itu, Wagub mendukung rencana tersebut. Apalagi perusahaan tersebut akan menyedot sekitar 50 ribu tenaga kerja. Hanya saja, Wagub berharap rencana tersebut betul-betul direalisasikan untuk menggerakan ekonomi masyarakat NTB, atau Indonesia secara umum.

Selain tenaga kerja, perusahan ini menurut Wagub akan mampu menggerakan simpul-simpul ekonomi di sekitar Bandar Kayangan, pelabuhan akan ramai dengan kapal-kapal perusahaan serta kawasan industri akan meningkat. “Tinggal kita siapkan SDMnya. Anak-anak muda NTB ini akan menjadi pelaku,” ungkap Wagub saat itu.

Untuk mempercepat rencana tersebut, Selasa (1/8/2017) akan ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Provinsi NTB dengan perwakilan perusahaan Rusia tersebut. Penandatanganan tersebut akan dilakukan di ruang kerja Gubernur NTB bersama kepala OPD terkait.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Siti Rohmi Djalillah, MPd menyatakan kekagumannya pada komitmen Pemerintah Desa (Pemdes) Sari yang peduli dengan pengembangan literasi...

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr HJ Siti Rohmi Djalillah mengapresiasi peran Relawan Literasi di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Bima dan Dompu.  Hal...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Kabupaten Bima, yang telah keluar menjadi juara umum...

NTB

Bima, Bimakini.- Memeringati Hari Perempuan Internasional (International Woman Day) 8 Maret, Program INOVASI NTB, Pemerintah Provinsi NTB dan Universitas Hamzanwadi (UNHAM) menggelar Webinar Nasional,...

CATATAN KHAS KMA

   ‘’SAYA lebih suka disapa Aishah atau mbak Aishah saja. Tidak perlu title (gelar) saya disebut pak,’’ katanya kepada saya. Iya, tamu Catatan Khas...