Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

30 Peserta Ikuti Diklat Akuntansi Koperasi


Suasana pembukaan Diklat Akuntansi Koperasi di di Hotel La Ila Kota Bima, Senin (14/08).

Bima, Bimakini.-  Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Akuntansi Koperasi Angkatan III tingkat Kabupaten Bima dihelat di Hotel La Ila Kota Bima, Senin (14/08). Diklat yang diikuti 30 peserta itu dibuka oleh Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia, Drs H Dody Suwandhi, mewakili Bupati Bima.

Saat itu hadir  Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima Ir Bahtiar, Kabid Kelembagaan dan Pemberdayaan Koperasi Kabupaten Bima, Abdul Samad, SSos.

Kabag Humaspro Setda, Armin Farid, SSos, Senin (14/08/2017) menjelaskan antara pemerintah dengan seluruh elemen masyarakat yang terlibat dalam dunia usaha  harus mampu bekerjasama dan  bergotong-royong. Pemerintah Kabupaten Bima secara berkelanjutan telah memberdayakan koperasi usaha kecil dan menengah.

Antara lain dalam bentuk penguatan modal maupun pemberian bantuan peralatan usaha. Selain itu, Bimtek dan Diklat bagi koperasi, kelompok usaha mikro, usaha mikro dan kecil.

Katanya, hal ini wujud kepedulian dan kebersamaan dalam rangka membangun dan menyejahterakan masyarakat Kabupaten Bima. Berdasarkan  beberapa informasi pembangunan ekonomi sosial, pelaku usaha saat ini sebanyak 0,47 persen dari jumlah penduduk.

“Kondisi ini jauh dari harapan bila dikaitkan dengan keinginan membuka dan menciptakan lapangan kerja sendiri dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan,”  ujarnya.

Jadi tidaklah mengherankan ada banyak potensi ekonomi yang bisa diusahakan secara produktif, namun terlewatkan. Atas dasar pemikiran dan permasalahan itu, maka perlu penumbuhan sejumlah wirausaha baru dan untuk mengoptimalkan peran wirausaha baru dalam peraturan globalisasi bisnis saat ini dan harus mampu tampil bersaing dalam menghadapinya.

“Melalui momen inilah, saya mengajak kita semua dan para pelaku usaha  agar menjaga kebersamaan dan kerjasama dalam membangun daerah,” ajak Dody dikutip Armin.

Kabid Kelembagaan dan Pemberdayaan Koperasi Kabupaten Bima,  Abdul Samad, SSos,  selaku Ketua Panitia  menyebutkan Diklat  dilaksanakan selama tiga hari dan diikuti 30 peserta. Masing-masing dari koperasi yang tersebar di Kabupaten Bima. (BK29)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.com.-Minimnya pengetahuan aparat Kejaksaan mengenai konstruksi kerap menjadi masalah saat menangani kasus korupsi. Untuk itu, aparat Kejaksaan perlu mendapatkan pelatihan khusus mengenai...

Pendidikan

Bima, Bimeks.-       Sebanyak 18 siswa berbagai tingkatan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Soromandi antusias mengikuti pelatihan jurnalistik dan fotografi yang dilaksanakan di sekolah...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.com.-Pelatihan Kepemimpinan Remaja se- Kota Bima dilaksanakan di aula Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Bima, Kamis lalu. Peserta pelatihan diikuti...

Pendidikan

Kota Bima, Bimakini.com.-Sebanyak 15 mahasiswa Sekolah Tinggil Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima dari berbagai jurusan, mengikuti Pelatihan Jurnalistik di aula kampus setemat  Jumat...

Pendidikan

Bima, Bimakini.com.-  Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kabupaten Bima serius ingin menjuarai lomba karya ilmiah tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nasional. Senin (17/12) madrasah...