Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Bangun Wilayah, Ini yang Dilakukan Kades Rasabou

 

DOK FB Ompu Rasabou: Program pagarnisasi yang saat ini sedang dilaksanakan di Desa Rasabou.

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Rasabou Kecamatan Sape Kabupaten Bima terus melakukan berbagai upaya untuk menata dan membangun wilayah setempat. Di bawah kepemimpinan Kepala Desa (Kades), Arifin HM Yusuf, gebrakan fisik dan nonfisik dilakukan.

Selasa (01/08/2017) lalu, Kades dua periode itu meletakan batu pertama pembangunan pagarnisasi di depan jalan utama desa. Panjangnya 297 meter menggunakan dana senilai Rp136.500.000 yang bersumber dari Dana Dari APBN (DDA) 2017 tahap pertama.

Kades menyatakan  tujuan pagarnisasi itu untuk menciptakan lingkungan yang rapi, aman, nyaman, dan sebagai barometer kemajuan desa. Berdasarkan kesepakatan,  bagi warga penerima manfaat diwajibkan mendirikan tiang bendera dari pipa besi dan  lampu jalan desa.

“Tujuannya untuk menghadirkan kembali rasa kebangsaan yang tinggi sebagai warga Negara Indonesia. Semoga program ini bermanfaat bagi warga Desa Rasabou,” ujarnya melalui akun Facebook, Selasa lalu.

Katanya, melalui  pagarnisasi, masyarakat bisa menanam berbagai jenis tanaman, terutama  kebutuhan sehari-hari. Seperti terong, tomat, cabai, bayam, kangkung, ubijalar dan lainnya. “Sehingga terciptalah pasar rumah, dan apotek hidup, lingkungan pun  asri serta sejuk,” katanya.

Diakuinya, Rabu siang  Kepala DPMD Kabupaten Bima, Drs Sirajudin, MM,  mendatangi lokasi pembangunan pagarnisasi Desa Rasabou dan rehab Polindes Desa Nae. Tim pelaksana kegiatan menyambut kehadiran Kadis  beliau  untuk memantau pembangunan di lokasi sasaran program.

“Semoga  kehadirannya dapat memotivasi kami untuk melakukan yang terbaik dalam menjalankan amanah. Mudah-mudahan program  ini  bermanfaat bagi warga desa kami,” jelasnya.

Dok FB Ompu Rasabou: Suasana keceriaan guru dan siswa TP Pembina Negeri Rasabou.

Nah, gebrakan Kades tidak hanya menata fisik. Bidang nonfisik pun diperhatikannya. Dijelaskannya, Pemerintah Desa Rasabou mencoba membuat terobosan baru untuk membantu mencerdaskan anak bangsa. Caranya menghadirkan Lembaga Rumah Baca Keliling Salahuddin Al-Ayyubi untuk membantu dunia pendidikan melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Menurut Kades,  tidak semua pelajaran harus didapatkan dari pendidikan formal atau Kegiatan Belajar-Mengajar. Sebagai kegiatan perdana,  menjalin kerjasama dengan TK Pembina Negeri di Desa Rasabou. Saling bersinergi memberikan pendidikan ektrakurikuler kepada anak-anak.

Kades mengapresiasi  Kepala TK Pembina Negeri, Asmah, SPd, dan berharap kerja sama itu  dapat menyiapkan generasi andal. “Masa depan peradaban dan dunia  ditentukan oleh atas tangan-tangan mereka, generasi yang dapat mengantarkan bangsa ini menuju  baldatun thoiyibatun warabbun ghafur,” harapnya. (BK34)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait