Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Bimbingan Evaluasi dan Validasi LPPD Digelar

Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kota Bima, Selasa (08/08/2017), menyelenggarakan Bimbingan Evaluasi dan Validasi LPPD Kota Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kota Bima, Selasa (08/08/2017), menyelenggarakan Bimbingan Evaluasi dan Validasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kota Bima. Kegiatan itu digelar di aula kantor Pemkot Bima dan diikuti perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Asisten I Setda, Drs M Farid, MSi, membuka kegiatan itu dan  menghadirkan anggota tim evaluasi dan validasi LPPD dari Pemerintah Provinsi NTB, H  Nursin, SH.

Farid memaparkan, LPPD Kota Bima Tahun 2015 menduduki peringkat 42 dari 92 kota di Indonesia. Penyusunan LPPD merupakan satu di antara fase penting dalam siklus mekanisme penyelenggaraan pemerintahan daerah.   LPPD merupakan dasar evaluasi dan  bahan pembinaan lebih lanjut.

Selain itu, sebagai umpan balik atau rekomendasi bagi daerah untuk mendorong peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah.   LPPD harus disampaikan paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.  “Untuk itu, setiap OPD harus mengerti cara penyusunan LPPD,” ingatnya.

Farid mengingatkan, beberapa kendala yang sering dihadapi dalam penyusunan LPPD. Antara lain  dokumen pendukung tidak tersedia, SDM kurang memadai, dan inkonsistensi data yang disebabkan perubahan data tertentu sebagai angka pembagi, contohnya jumlah penduduk dan jumlah ASN.

Farid  berharap para peserta bimbingan bisa menyimak pengarahan narasumber sehingga kelak bisa mengimplementasikan pada lingkungan kerja masing-masing. (BK32)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Dompu, Bimakini.com.- Pemerintah Kabupaten Dompu dibantu Pemerintah Pusat dan Provinsi NTB, terus membenahi pengelolaan keuangan dan aset. Hal itu dilakukan untuk  mencapai sistem pengelolaan...