Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Nah, Ratusan Anak tidak Sekolah di Bolo

Khairunnisa

Bima, Bimakini.-  Ini kabar tidak menyenangkan bagi dunia pendidikan. Jumlah Anak Tidak Sekolah (ATS) di wilayah Kecamatan Bolo diperkirakan sekitar 300 orang. Kondisi itu jelas memrihatinkan.

Kepala SKB Bima,  Khairunnisa,Ssos, menyatakan untuk menyelamatkan generasi harapan bangsa itu, saat  ini  Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Bimagencar mendatamereka. Petugas masuk-keluar wilayah seluruh desa  di kecamatan setempat.

Khairunnisamengaku pendataan itu bertujuan agar ATS bisa disekolahkan sesuai jenjang pendidikan saat mereka putus sekolahsebelumnya. “Sekarang penelusuran awal di Desa Tambe,” ujarnya Kamis (24/08/2017), di Bolo.

Dikatakannya, usia ATS yang dijaring untuk disekolahkan adalah 6 sampai 21 tahun, yakni setara SD, SMP,dan SMA. Selain mengikuti program kesetaraan paket A, paket B, dan paket C, mereka juga akan mengikuti program ketrampilan. Dengan demikian, kalau keluar dari program kesetaraan dan ketrampilan, mereka bisa mandiri. Sekaligus bisa mengaktualisasikan apa yang didapatnya.

“Mengenai tenaga pendidik,SKB  akan bekerjasama dengan sekolah  di lokasi program kesetaraan dan ketrampilan dilaksanakan,”ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Pendataan atau penjaringan terhadap ATS ini dilakukan sesuai RPJMN tahun 2015-2019 Kemendikbud dan amanat Presiden RI tentang pemberian Program Indonesia Pintar (PIP) bagi anak sekolah, anak usia sekolah, dan  anak yang tidak sekolah yang mengikuti program kesetaraan dan ketrampilan.

“Kalau mereka terjaring untuk disekolahkan, mereka akan dapat PIP,”terangnya.

Dia mengharapkan partisipasi  masyarakat untuk membantu kelancaran program ini. Semuanya  bergantung masyarakat, karena lebihmengetahui informasi ATS. “Kita harap peranserta masyarakat, demi kelancaran program ini,”harapnya.(BK36)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj, Indah Dhamayanti Putri, SE meresmikan Ruang Kelas Baru (RKB) dan Taman Baca Masyarakat (TBM) pada kantor Satuan Pendidikan Non...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bima menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan nonformal. Kamis (06/10/2017) hingga Ahad (08/10/2017), SKB menyelenggarakan Pendidikan dan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.com.-Guru yang menumpuk dalam satu sekolah, sekarang tidak usah resah dan galau. Dalam Surat Keputusan Bersama Lima Menteri pada tahun 2013 mengamanatkan Pemerintah...