Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pembangunan Fisik di Pandai Dimulai Pekan ini

Kades Pandai, H Puasa

Bima, Bimakini.- Desa Pandai Kecamatan Woha Kabupaten Bima pekan ini akan memulai pembangunan fisik menggunakan anggaran bersumber dari ADD/DDA. Tidak ingin pekerjannya dinilai tidak berkualitas, Kades Pandai H Puasa akan bekerja sesuai RAB dan Juklak-Juknis pelaksanaan pengelolaan.

Puasa mengatakan, meski ADD/ DDA  telah dicairkan bersamaan dengan APBDes, namum belum mengerjakannya. Sebab belum ada Rencana Anggaran Biaya (RAB) diterimanya. “Pekerjaan fisik pembangunan desa belum kami kerjakan, insyaAllah pekan ini sudah mulai, besok kami akan menerima RAB,” jelasnya Rabu (09/08) di kantor setempat.

Pembangunan yang dikerjakan itu adalah  perbaikan lapangan voli, Spal Dusun Mbaju dan bangun baru Polindes menggunakan dana dari ADD/DDA tahap pertama. “Tiga item pekerjaan ini akan kami kerjakan karena RAB-nya sudah ada, tinggal diambil di Dinas PU,” terangnya.

Namum, diakuinya, dua item lainnya yang sudah ada dalam APBDes, seperti pembangunan Paruga dan deker akan dikerjakan pada tahap kedua.  “Setelah gambar  diserahkan oleh Dinas PU Kabupaten Bima nanti,” isyaratnya.

Bidang Pemberdayaan sudah dikerjakan, yaitu pengadaan kelengkapan olahraga pemuda masing-masing dusun dan pengadaan induk  bebek untuk karang taruna dan LPMD. “Sudah kami serahkan langsung pada  penerima manfaat,” jelasnya.

Pada bidang pemerintahan, telah membeli  perlengkapan dan peralatan kantor seperti etalase, LCD proyektor, dan terop. Peralatan itu sudah digunakan oleh masyarakat dan kantor desa.

Bidang pembinaan masyarakat, pengadaan rebana dan pembangunan prasarana lingkungan desa tahap II. “Kami sudah membebaskan lahan kuburan Dusun Nggaro untuk pembukaan jalan ekonomi, itu dikerjakan tahap kedua,”   terangnya.

Dia mengakui, ADD/DDA beberapa tahun ini cukup bermanfaat bagi masyatakat, semua program direncanakan tepat sasaran dan dinikmati masyarakat. “Semoga masyarakat bisa menikmati dan menjaga pembangunan ini agar terawat baik,” harapnya. (BK34)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Warga Desa Pandai, Kecamatan Woha, menyampaikan terimaksih atas pengaspalan jalan  lintas Pantai-Risa. Pengaspalan jalan sebagai realisasi janji Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, menghadiri panen raya papaya California di Desa Pandai, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Senin (29/6). Kegiatan...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),  telah menganggarkan peningkatan jalan lintas Pandai-Risa Kecamatan Woha sebanyak Rp 4...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sejumlah warga Desa Pandai, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, menanam padi dan pohon pisang sepanjang jalan lintas Pandai-Risa yang berlumpur, Rabu (12/2). Hal...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Aula Desa dianggap  penting untuk kegiatan pemerintahan maupun sosial kemasyarakatan. Oleh sebab itu, Pemerintahan Desa Pandai, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, membangun aula...