Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Puluhan Perempuan Kambilo Pelatihan Kewirausahaan

Pelatihan Kewirausahaan yang diikuti puluhan perempuan Kambilo.

Bima, Bimakini.- Sebanyak 42  wanita di Desa Kambilo Kecamatan Wawo Kabupaten Bima mengikuti Pelatihan Kewirausahaan, Selasa. Kegiatan itu didisain untuk membekali kaum ibu   mengenal usaha sampingan dalam membantu ekonomi keluarga.

Mengenalkan kewirausahaan itu penting karena, sorotan utama dari pemateri  Suhada, SPd, Salma, SPd, dan Sri Rohana. Mereka menilai masih banyak waktu luang yang belum dimanfaatkan secara baik oleh ibu-ibu, padahal mereka bisa.

“Selama ini kita nilai masih banyak kaum ibu yang menghabiskan waktunya untuk gobrol yang tidak ada ujung pangkal, padahal jika waktu itu digunakan untuk berusaha rumahan, maka akan membantu ekonomi keluarga,” ujar  Suhadah di kantor Desa Kambilo, Selasa (29/08).

Potensi alam di Desa Kambilo, kata Ketua Tim Penggerak (TP) PKK ini, cukup banyak dan  tinggal bagaimana ibu-ibu berani meninggalkan kebiasaan  ngerumpi, lalu diganti  usaha  sederhana di rumah masing-masing. Seperti membuat kue kering, kue basah, membuat tepung kunyit, meracik minuman segar dari jambu batu, jambu monyet, dan lain-lainnya.

“Soal pasaran jangan dipikirkan karena mengantar ke sekolah saja, pasti ada yang beli. Selain kita ingin membangun kelompok usaha bersama, dan lainnya,” katanya.

Hal senada dikemukakan pemateri lainnya, Sri Rohana, SPdI dan Salma, SPd. Katanya, seorang ibu jangan hanya mengandalkan kemampuan suami dalam memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, karena tidak akan tercukupi. Apalagi kebutuhan anak-anak, kebutuhan dapur, dan lainnya semua meningkat.

“Jika kita tidak cerdas menyikapi kita akan diseret waktu dalam kesulitan ekonomi keluarga. Kalau bukan kita yang menyelesaikan siapa lagi. Siapa yang ingin selalu membantu kita kalau bukan kita sendiri,”  ingat Salma.

Dia berharap kemudahan memeroleh dana untuk usaha di desa, akan memudahkan ibu-ibu untuk memulai usaha di rumah masing-masing. Apalagi pinjaman usaha di desa sangat mudah dan tidak seperti rentenir  yang berbunga pinjaman ‘selangit’. (BK23)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Sebanyak 66 Kelompok Penerima Manfaat (KPM) dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD), tahun anggaran 2021 Desa Kambilo Kecamatan Wawo, kembali...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima angkatan 33 posko Desa Kambilo, Kecamatan Wawo,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Menyambut hari raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1441 H bertepatan Jumat 31 Juli 2020, Pemerintah Desa (Pemdes) Kambilo, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Kambilo, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, bersama Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 33 STISIP Mbojo Bima, gotong royong membersihkan...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap dua akibat wabah Corona di Desa Kambilo, Kecamatan Wawo, disalutrkan. Dana yang dibagiakan dibagi kepada 100 lebih...