Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pustu Lare’u Doridungga jadi ‘Rumah Hantu’

 

ilustrasi plus kapanlagi.com

Bima, Bimakini.- Sekitar tiga tahun terakhir Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu) di Dusun Lae’u Desa Doridungga Kecamatan Donggo yang berdiri, tetapi tidak bertuan. Bahkan, bangunan  itu saat ini  hanya dibiarkan menjadi ‘rumah hantu’.

Padahal, berdasarkan pengakuan warga setempat, bila dilihat dari kebutuhan masyarakat yang bermukim di wilayah tersebut, kehadiran Pustu disertai tenaga medis sangat dibutuhkan dalam hal bidang kesehatan.

Warga setempat, Wahyudin, mengatakan sudah  sekitar tiga tahun Pustu ini dibiarkan tanpa penghuni. Tidak ada seorang pun tenaga Bidan yang bertugas.  “Silakan lihat Pustu ini, sudah seperti rumah hantu karena tidak ada penghuni,” ujarnya Sabtu (05/08) lalu  di lokasi sembari mengajak wartawan meninjau keliling bangunan Pustu.

Bila ditinjau dari segi wilayah dan jumlah penduduk, Dusun Lare’u memiliki 300 lebih Kepala Keluarga (KK) dan sangat jauh dari PKM  yang  sangat membutuhkan pelayanan kesehatan dari para Bidan yang ditempatkan di Pustu ini.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Namun, dalam kondisi Pustu yang tak bertuan seperti ini, maka impian masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan optimal hanya  mimpi belaka. “Kita hanya bermimpi mendapatkan pelayanan kesehatan optimal, karena petugas Pustu tidak ada,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi tidak adanya Bidan di Pustu, diakuinya, warga berobat ke luar desa meskipun harus menempuh jarak jauh, membutuhkan tenaga dan biaya tambahan. “Kalau ada yang sakit, terpaksa kita berobat di PKM Donggo yang jaraknya cukup jauh dari kampung kami,” keluhnya.

Untuk itu, dia meminta Bupati,  Wakil Bupati, dan  Dinas Kesehatan segera menugaskan Bidan di Pustu ini, supaya masyarakat bisa menikmati pelayanan medis.

Begitu juga Bidan yang ditugaskan nanti, agar mau tinggal di Pustu supaya masyarakat bisa menikmati pelayanan medis 24 jam.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kepala Dikes Kabupaten Bima, dr H Ganis, yang dikonfirmasi  wartawan melalui telepon seluler Senin (07/08) mengatakan,  kosongnya Pustu tersebut, belum diketahuinya. “Saya belum tahu kalau Pustu tersebut kosong, karena selaku Kadikes belum terima laporan dari Kepala PKM setempat,” timpalnya.

Namun, Ganis berjanji akan mengoordinasikan dulu dengan Kepala PKM. Jika memang benar kosong, maka secepatnya akan diisi Bidan. (BK29)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait