Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Rangkap Jabatan hanya “Bualan Manis” Lukman?

Kabag Humaspro Setda, Armin Farid

Bima, Bimakini.- Pernyataan Sekretaris Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Bima, Drs H Lukman, MSi, yang mengaku selain sebagai Sekretaris, juga diberikan kewenangan sebagai Kepala Bidang (Kabid) Dikdas dipertanyakan. Apa bukti dan legalitasnya?

Bupati Bima melalui Kabag Humaspro Setda Kabupaten Bima, Armin Farid, SSos, saat dikonfirnasi oleh awak media melalui telepon seluler Selasa (01/08) mengaku Surat Keputusan (SK) untuk Lukman merangkap jabatan, belum  dilihatnya.

Namun, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) lebih tegas lagi. Tidak ada SK merangkap jabatan bagi Sekretaris Dinas Dikpora pada jabatan lain atau Kabid Dikdas.

Kabag Humaspro menyatakan pengakuan itu harus ditelusuri lagi, karena belum melihat SK-nya. “Saya belum lihat SK-nya kalau beliau merangkap jabatan,”  ujar Armin.

Namun, kata dia, jika benar Sekretaris Dikbudpora merangkap jabatan dan memiliki SK, hal itu bisa saja sepanjang untuk kelancaran  manajemen organisasi setempat. “Akan tetapi, sejauh ini, SK Sekretaris Dikbudpora untuk merangkap jabatan belum saya lihat,” tegasnya lagi.

Untuk mengetahuinya, Armin menyilakan menanyakannya pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Nah, pengakuan Kepala BKD dan Diklat Kabupaten Bima, Drs H Abdul Wahab, mengejutkan. Katanya, SK yang menyatakan  Sekretaris Dikbudpora merangkap jabatan sebagai Kabid Dikdas, tidak ada.

“Jabatan Kabid Dikdas di Dinas Dikbudpora hingga saat ini masih lowong atau belum terisi,” tuturnya saat dikonfirmasi Selasa (01/08).

Namun, kata Wahab, jika Sekretaris Dikbudpora sebagai PPK dan KPA pada bidang tersebut boleh-boleh saja. Tetapi, SK untuk merangkap jabatan sebagai Kabid Dikdas tidak ada dan jabatan Kabid Dikdas masih lowong sampai sekarang.

Baca Juga: Sekretaris Dikbudpora Rangkap Jabatan Kabid Dikdas

Seperti dilansir sebelumnya, Lukman mengelaim selain sebagai Sekretaris, juga menjabat Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) menggantikan Hj Jubaidah.

“Memang benar, saya juga menjabat sebagai Kabid Dikdas Dikbudpora,” katanya saat dikonfirmasi di dinas setempat Senin (31/07).

Dijelaskannya, sejak dilantik sebagai Sekretaris oleh Bupati pada beberapa waktu lalu, maka sejak itu pula menjadi Kabid Dikdas. Sebagai Sekretaris, juga sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan  Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) sepanjang belum ada Kabid Dikdas definitif.

Dikatakannya, dua jabatan yang dirangkap itu, mengacu pada ketentuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru. Dalam OPD baru, seluruh pejabat lama harus dilantik kembali. Jika tidak dilantik, dengan sendirinya posisi jabatan yang dimaksud kosong. “Atau belum terisi atau pejabat lama tidak lagi menjabat atas jabatan tersebut,” terangnya.

“Saya hanya laksanakan perintah atasan, selaku bawahan harus patuh dan taat atas perintah atasan,” tegasnya. (BK29)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Sebanyak 38 penggiat seni Islami mengikuti Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Lembaga Kesenian Islami. Kegiatan yang digelar Dinas Dikpora Kabupaten Bima,...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima menerbitkan SK mutasi Abdul Haris, SPd seorang tenaga sukarela di SDN Dadibou Kecamatan Woha ke SDN Rabakodo. Hal...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Untuk mendapatakan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Guru sukarela jajaran SD dan SMP di Kabupaten Bima harus kantongi SK dari...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Bima  mengevaluasi kinerja kepala SDN dan SMP se-Kecamatan Bolo, Selasa (9/10). Kegiatan tersebut digelar di...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Kabar menggembirakan diperoleh jajaran pendidikan di Kabupaten Bima. Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran 2018 akan segara cair dalam beberapa hari...