Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Waduh! KBM SMPN 1 Belo masih Lumpuh

Kegiatan Belajar Mengajar di SMPN 1 Belo masih lumpuh.

Bima, Bimakini.-  Tiga hari pascapenutupan sekolah oleh guru dan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Belo Kecamatan Belo Kabupaten Bima, ,Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)   masih lumpuh total.  Dewan Guru mengisyaratkan  akan mengaktifkan KBM pekan depan, setelah tim dibentuk untuk menyusun pembagian tugas guru.

Aksi mogok yang melibatkan guru dan siswa itu mencapai puncaknya pada Senin (31/072017) lalu. Tidak hanya mogok, mereka memecahkan kaca ruangan Kepala Sekolah (Kasek) dan memblokir ruas jalan Tente-Langgudu. Aksi itu dipicu protes pembagian jam mengajar sehingga berdampak pada  tuntutan agar Kasek Ihdar, SPd, segera  turunkan dari jabatannya.

Guru Olahraga, Ruslan, SPd, membenarkan KBM di sekolah setempat belum aktif alias masih lumpuh, pascapenutupan Senin  lalu. Guru hanya masuk-keluar kelas saja untuk pembinaan dan pendidikan secara umum.

“Iya memang KBM belum aktif sampai sekarang, tapi kami hanya memberikan pelajaran secara umum di kelas, barusan juga kami membentuk regu gerak jalan,”  jelasnya  di sekolah setempat, Rabu.

Kata dia, sembari menunggu keputusan Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri  sesuai tuntutan guru dan siswa, Dewan Guru sedang merembuk membahas SK pembagian tugas. SK itu dinilai   banyak kekeliruan dan hasil kesepakatan akan  diubah semuanya.  “Kami sudah bentuk tim untuk menyusun pembagian tugas, sesuai  tatatertib yang berlaku, Senin depan baru aktif,” jelasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia mengakui,  Dewan Guru telah sepakat akan selalu mengawasi siswa melalui  aktivitas seperti biasa. Hanya saja belum melaksanakan secara normal KBM di sekolah. “Kami tetap menghargai siapapun yang ditugaskan untuk mengawasi sekolah ini, bahkan kami akan turut membantu, sesuai arahan Sekretaris Dinas Dikpora Kabupaten Bima, sambil menunggu putusan,” terangnya.

Diakuinya, guru  kecewa pada Tim Baperjakat Kabupaten Bima, karena tidak memertimbangkan rekam jejak Kasek   yang dilantik  di SMPN 1 Belo. “Kepala Sekolah tidak ada di sekolah hari ini, dia  sudah izin untuk menghadap ke Dinas,” jelasnya.

Pantauan di sekolah setempat, siswa banyak yang pulang lebih awal. Siswa yang lainnya tampak duduk di lapangan dan depan kelas masing-masing. Para guru disibukan aktivitas masing-masing, tanpa mengatur siswa  agar tertib sebagaimana tugasnya sebagai pendidik. (BK34)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Hingga kini, konflik internal di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Belo, Desa Cenggu, belum tuntas. Bahkan, terkesan dibiarkan. Masalahnya, proses Kegiatan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Aktivitas Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Belo hingga Kamis (03/08/2017) masih lumpuh. Guru setempat mengisyaratkan KBM akan normal...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Aksi protes yang meminta pencopotan Kepala SMPN 1 Belo yang dilakukan oleh Dewan Guru dan siswa dikecam oleh Camat Belo, Bambang Setiawan, SSos....

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Ratusan siswa dan guru Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Belo Kecamatan Belo Kabupaten Bima mogok belajar, Senin (31/07/2017). Mereka tidak masuk...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Dua pekan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SMPN 1 Belo tidak berjalan. Penyebabnya kisruh soal pembagian jam mengajar. Terhitung sejak 17 Juli...