Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Wagub NTB Minta Masyarakat Tangguh Hadapi Bencana

Wagub NTB, HM Amin saat Rakor Peningkatan Kapasitas Pemda menanggulangi bencana.

Mataram, Bimakini.- Sebagian besar wilayah NTB tergolong rentan bencana. Dari 14 jenis potensi bencana di Indonesia, 11 di antaranya terdapat di wilayah NTB. Penyebabnya adalah kondisi geologis NTB terutama di wilayah pegunungan dan pesisir pantai mulai dari barat sampai timur rawan bencana.

Mengantipasi kerentanan bencana tersebut, tidak hanya membutuhkan program penanganan secara komprehensif dan terintegrasi, tetapi juga penting menyiapkan masyarakat agar tangguh bencana.

Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Barat, H. Muh Amin, SH. M.Si menegaskan hal itu saat membuka rapat koordinasi Peningkatan Kapasitas Pemerintah, Pemerintah Daerah dan Masyarakat dalam Penanganan Bencana Tahun 2017, di hotel Lombok Raya Mataram, Selasa (8/8/2017).

Menurut Wagub, ketika terjadi bencana, sudah pasti akan menurunkan, bahkan melumpuhkan tingkat produktivitas masyarakat. “Misalnya, tidak sedikit lahan yang tadinya bisa ditanami ketika datang bencana banjir akan rusak, dan juga infrastrukturnya rusak,” ungkap Wagub sembari menegaskan bahwa semua pihak harus ikut berperan untuk ‘merecovery’ akibat bencana tersebut.

Merujuk pada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, Wagub kelahiran Sumbawa itu mengingatkan bahwa penyelenggaraan penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab pemerintah dan pemerintah daerah. Karenanya, ia berharap dalam menjalankan amanah konstitusi tersebut, perlu disusun suatu konsep penangulangan bencana yang terencana, terkoordinasi dan menyeluruh. Mulai pada tahap pra-bencana, saat tanggap darurat dan pasca bencana.

Pemerintah daerah dan semua pihak terkait, dimintanya untuk menyatukan langkah-langkah taktis yang cepat dan tepat untuk meminimalisir dampak bencana sekaligus mempersiapkan diri untuk menghadapi resiko bencana di masa depan. “Sebagai langkah preventif, saya minta BPBD NTB selaku leading sector penanggulangan bencana lebih mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat agar menjadi masyarakat tangguh bencana,” pinta Wagub.

Senada dengan Wagub, Asdep Tanggap Cepat Bencana, Kemenko PMK, Joko Yuwono mengatakan, dari hasil rakor ini diharapkan dapat diperoleh masukan-masukan dan pemikiran serta komitmen lebih jauh lagi agar dapat mengantisipasi berbagai permasalahan kebencanaan. Untuk selanjutnya dapat dirumuskan berbagai langkah upaya penanggulangan melalui keterpaduan kebijakan dan perencanaan khususnya dalam penguranga resiko bencana.

Herbin Manihuruk selaku Asdep PRB (Pengurangan Resiko Bencana) menambahkan, hasil indeks resiko bencana (database tahun 2014) dari 478 kabupaten/kota, 77% wilayah Indonesia merupakan resiko tinggi rawan bencana, untuk di NTB 88% dari wilayah ini menjadi lokasi prioritas.

Mengantisipasi bencana itu, kata Herbin maka hal yang perlu dilakukan pemerintah adalah seperti kata Wagub tadi. Yakni, sinkronisasi antara pemerintah pusat dan daerah.

Dia juga mengungkapkan gagasannya tentang upaya mewujudkan ketangguhan bencana di setiap desa. Artinya, ketika terjadi bencana, kata dia maka pihak pertama yang bisa menyelamatkan masyarakat, bukan BPBD atau Tim SAR tetapi masyarakat sendiri. “25% bisa selamat karena diri sendiri, maka dari itu masyarakat harus kita internalisasikan bagaimana upaya-upaya penyelamatan diri,” tegasnya.

“Jadi program pembentukan Desa Tangguh Bencana menjadi prioritas yang perlu kita sukseskan bersama,” tambahnya. (BK37)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Siti Rohmi Djalillah, MPd menyatakan kekagumannya pada komitmen Pemerintah Desa (Pemdes) Sari yang peduli dengan pengembangan literasi...

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr HJ Siti Rohmi Djalillah mengapresiasi peran Relawan Literasi di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Bima dan Dompu.  Hal...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Kabupaten Bima, yang telah keluar menjadi juara umum...

NTB

Bima, Bimakini.- Memeringati Hari Perempuan Internasional (International Woman Day) 8 Maret, Program INOVASI NTB, Pemerintah Provinsi NTB dan Universitas Hamzanwadi (UNHAM) menggelar Webinar Nasional,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Dalam memperjuangkan perempuan dan anak di Nusa Tenggara Barat, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak. Selain itu, perlu edukasi yang konsisten terus menerus...