Pemerintahan

Bagian Umum Setda Siapkan Lelang Eks Tanah Jaminan

Kasmir

Bima, Bimakini. – Sesuai rencana,  September 2017 ini eks tanah jaminan Kepala Desa (Kades) pada  seluruh wilayah kecamatan akan dilelang. Informasi itu disampaikan Bagian Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bima, Rabu.

“Kita rencanakan pelelangan seluruh eks tanah jaminan pada bulan September ini atau lebih cepat dari tahun  sebelumnya,” ujar Kabag Umum Setda  melalui Kasubag Rumah Tangga,  Kasmir, SSos, saat dikonfirmasi  Rabu (13/9/2017).

Dijelaskannya, cepatnya proses pelelangan seluruh eks tanah jaminan itu  untuk meminimalisasi keadaan, agar tepat waktu tanam dan cepat penyerapan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Itulah beberapa acuan sehingga waktu pelelangan seluruh eks tanah jaminan dipercepat,” terangnya di Setda.

Dikatakannya, untuk menghadapi proses pelelangan, saat ini Bagian Umum sedang membentuk panitia pelaksana lelang. Setelah terbentuk, panitia akan mendata  sejumlah tanah yang bermasalah. Dalam proses lelang tahun ini  akan  mengubah mekanisme. Yakni permohonan membayar di muka sesuai harga penawaran dari harga standar yang ditetapkan oleh pemerintah. “Kita merencanakan mekanismenya seperti itu,” paparnya.

Bagaimana dengan tanah di Kecamatan Sape yang menjadi kontroversi? Kata Kasmir, untuk Sape yang status quo belum dilelang, tetapi yang lain tetap  dilakukan.

“Pastinya, lelang tanah tahun ini lebih cepat dari tahun sebelumnya yaitu pada September ini,” katanya. (BK29)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top