Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

Danramil Suluh Wawasan Kebangsaan di SMAN 2 Wawo

Koramil Wawo saat menjadi pembina upacara di SMAN 2 Wawo.

Bima, Bimakini.- Komando Rayon Militer (Koramil) Kecamatan Wawo Kodim 1608/Bima bekerja sama dengan  SMAN 2 Wawo, Senin (11/09), melaksanakan upacara pagi. Danramil Wawo, Kapten (Inf) Ismail, dipercaya sebagai Inspektur Upacara (Irup). Saat itu, memaparkan seputar komitmen ber-NKRI. Usai upacara, penyuluhan soal wawasan kebangsaan pun dilakukan.

Kegiatan itu diikuti seluruh siswa, guru dan pegawai sekolah setempat.

Saat itu, Danramil Wawo, mengajak siswa  berkomitmen membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebagai generasi penerus bangsa hendaknya seluruh elemen bangsa, terutama siswa agar dapat mencintai Tanah Air sekaligus menanamkan jiwa kedisiplinan,  moralitas,  dan etika mengenai paham dasar negara, kebangsaan, rasa nasionlisme untuk membangun bangsa dan Negara Indonesia tercinta.

“Kalau bukan kalian generasi penerus siapa lagi yang bertanggungjawab terhadap keselamatan dan kelangsungan hidup bangsa ini,” ujarnya.

Usai upacara, Kapten (Inf) Ismail kembali tampil bareng  Kepala SMAN 2 Wawo, Muhtar, SPd, untuk menyuluh  tentang wawasan kebangsaan (Wasbang) bagi 150 siswa kelas II SMAN 2 Wawo.

Kata Ismail, pemahaman mengenai Wasbang  penting artinya bagi seluruh elemen bangsa. Tentu diharapkan siswa akan mengerti dan tumbuh jiwa nasionalismenya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Tidak hanya itu, pembekalan mental siswa diperlukan dalam menghadapi berbagai tantangan yang merugikan generasi bangsa, seperti mengonsumsi Narkoba, Miras, dan lainnya. Untuk menjadi putra dan putri bangsa dan ikutserta membangun bangsa dibutuhkan mental yang kuat, karakter, dan kepribadian.

Oleh karena itu, katanya, sejak dini guru harus memberikan pemahaman mengenai wawasan kebangsaan,  melalui belajar mengenai sejarah bangsa, karakter, dan budaya bangsa sendiri. Harus diingat bangsa ini memiliki adat budaya, dan bahasa yang beraneka raga. Selain daerah dan pulau yang jumlahnya cukup banyak.

“Terutama bagaimana cara kita hidup berbangsa sesuai bhineka tunggal ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” katanya.

Hal senada dikemukakan Kepala SMAN 2 Wawo, Muhtar, SPd. Pembinaan wawasan kebangsaan ini penting artinya bagi siswa untuk menumbuhkan disiplin, loyalitas, setia kawan dan nasionalisme generasi muda khususnya para pelajar sejak dini. Tujuannya agar menjadi pemuda yang tangguh dan cinta terhadap NKRI.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kita bersyukur ada kebersamaan yang terjali baik antara Koramil Wawo dengan pihak sekolah di Kecamatan Wawo. Semoga ke depan lebih baik lagi,” katanya di sekolah setempat, Senin.

Kegiatan yang belangsung dalam durasi satu jam itu, siswa kian bersemangat karena penyampaian materi berlangsung secara dialogis dengan kata-kata yang mudah dipahami siswa. (BK23)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sebanyak 16 guru honor Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Wawo, asah kemampuan sebelum mengikuti Ujian Kompensi Guru (UKG) Provinsi NTB. Sebelum...

Berita

Bima, Bimakini.- Tingkat partisipasi siswa SMAN 2 Kecamatan Wawo yang mengikuti program pembelajaran jarak jauh (daring) melalui online, masih sedikit dan belum memenuhi target...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Kecamatan Wawo, terus membenahi berbagai persiapan berkaitan dengan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN). Sebanyak 64...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Pasca-terpilihnya Sekolah Menengan Atas Negeri (SMAN) 2 Kecamatan Wawo sebagai salah satu sekolah model di Kabupaten Bima. Kini terus berbenah dan melakukan...

Pendidikan

Bima, Bimakini.- Tahun ini Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Wawo, hanya mampu meloloskan siswa yang ikut bidik misi sebanyak 27 siswa dengan pencian...