Connect with us

Ketik yang Anda cari

Ekonomi

Dirjen Janjikan Sapi Brahmana untuk Dompu

Sapi Brahmana/Dok.

Dompu, Bimakini.- Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu melaksanakan kegiatan Panen Pedet di lapangan  Desa Nusa Jaya Kecamatan Manggelewa, Kamis (28/09/2017) lalu. Sekaligus penyuluhan dan pengolahan bibit ternak yang didistribusikan kepada masyarakat. Saat itu, ada satu janji yang diucapkan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian RI,      Drh I Ketut Diarmita.

Apa itu?  Dirjen memastikan akan mengakomodir program Pemkab Dompu dalam mengembangkan Sapi Brahmana setelah melihat  langsung kondisi alam dan semangat rakyat Dompu.

Kabag Humaspro Setda Dompu, Ardiansyah, menjelaskan kegiatan itu  untuk mendukung program Upaya Khusus Sapi Kerbau Induk Wajib Bunting (UPSUS) di Kabupaten Dompu menuju daerah maju dan mandiri.  Bupati Dompu  H Bambang M Yasin, mengapresiasi  Dirjen PKH, karena kehaditrannya  merupakan kebanggaan Pemkab Dompu dalam membangun ekonomi rakyat bidang usaha peternakan. Sekarang ini peternak Dompu memiliki semangat dan kemauan  tinggi dalam membangun kesejahteraan ekonominya.

“Namun, hal itu tidaklah cukup bila tidak didukung seluruh elemen, khususnya campur tangan dari pemerintah provinsi dan pusat,” ujarnya dikutip Kabag Humaspro.

Dia meminta Pemerintah Pusat dapat membantu peternak Dompu dalam mengembangkan usaha peternakan sapi. “Semoga tahun depan, kita akan dibantu 1.000 ekor sapi indukan Brahmana,” harap Bupati.

Kepada peternak, Bupati mengajak agar mengelola usaha peternakan secara  profesional dan moderen. “Kita harus tampil gagah, apalagi yang punya sapi dan kita juga harus beternak dengan benar supaya hasilnya maksimal. Kalau sapinya kecil maka nilai jualnya kecil, sebaliknya kalau besar pasti harganya pun mahal,” ujarnya.

Dirjen PKH Kementerian Pertanian RI, Drh I Ketut Diarmita, memastikan akan mengakomodir program Pemkab Dompu dalam mengembangkan Sapi Brahmana setelah melihat  langsung kondisi alam dan semangat rakyat dalam mengembangkan usaha peternakan sapi.

“Induk Sapi Brahmana yang diminta Bupati, saya setuju untuk diberikan di Dompu,” katanya.

Namun, putra Bali ini menyarankan kepada Pemerintah Daerah agar  menyesuaikan jumlah permintaan sapi dengan kondisi daerah. “Jangan meminta sesuai keinginan, tapi harus diukur dari kemampuan serta didukung  fasilitas memadai. Seperti ketersediaan pakan yang cukup untuk Sapi Brahmana ini,” sarannya.

Dikatakannya, semangat Pemkab Dompu membangun ekonomi rakyat melalui Program TERPIJAR (Tebu, Sapi Jagung dan Rumput Laut) sepertinya menjadi senjata untuk mendapatkan keistimewaan dari pemerintah pusat.

“Semua Bupati yang memiliki semangat dan berniat membangun kesejahteraan rakyat melalui usaha peternakan sapi, akan saya berikan bantuan sesuai permintaan,” janji Diarmita.

Bantuan sapi untuk Dompu ke depan, katanya, harus dipantau oleh  UPTD Kantor Balai Pengembangan Ternak Unggul Hijau Pakanan Ternak, di bawah naungan Dirjen PKH Kementan RI.

Diakuinya, semangat masyarakat Dompu  menumbuhkan komitmennya untuk terus mendukung program pengembangan peternakan sapi di Kabupaten Dompu. “Nanti, sapinya harus dapat dikelola  baik dan selama saya masih jadi Dirjen, pasti Dompu tidak akan saya tinggalkan,” ucapnya.

Disarankannya, pengembangan usaha peternakan harus memiliki komitmen, integrasi kuat, gigih, ulet, dan fokus. Dia berharap  bantuan sapi nanti dapat meningkatkan kualitas hidup dalam mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat. “Mudah-mudahan Dompu akan maju,” harapnya. (BK36)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Ekonomi

Dompu, Bimakini. – Pada tahun 2021 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu akan mendapatkan jatah program bantuan seribu ekor sapi dari Pemerintah Provinsi NTB. Kepala...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pemerintah Desa (Pemdes) Pela, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima, memerioritaskan pengadaan bibit sapi sebagai pendapatan tetap. Karena Desa Pela didukung geografis mendukung untuk...

Ekonomi

Dompu, Bimakini.- Program Tebu, Sapi, Jagung, dan Rumput Laut (Terpijar) bidang peternakan sapi di Kabupaten Dompu, sepertinya akan semakin menggeliat dalam membangun perekonomian masyarakat Bumi...

NTB

Mataram, Bimakini.- NTB menjadi salah satu provinsi yang menjadi perhatian khusus untuk pengembangan ternak, mengingat memiliki potensi ruminansia yang cukup besar. Selama ini NTB...