Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pendidikan

LPA-SMP Muhammadiyah Teken MoU Program Sekolah Berkarakter

Suasana usai acara penandatangan MoU dan pembinaan karakter di lantai dua SMP Muhammadiyah Kota Bima, Sabtu lalu.

Kota Bima, Bimakini.- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Bima dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah Kota Bima menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding, MoU) program  menuju Sekolah Berkarakter dan Ramah Anak. Penandatangan itu dilakukan Sabtu (10/09/2017) lalu di lantai dua sekolah setempat.

MoU itu ditandatangani Kepala  SMP Muhammadiyah Kota Bima,  Usman, MPd dan Ketua  LPA Kota Bima, Juhriati, SH, MH. Saat itu disaksikan pengurus LPA, guru dan siswa setempat.

Dalam program Sekolah  Berkarakter dan Ramah Anak ini,   LPA dan SMP Muhammadiyah telah membuat  konsep berbagai. Antara lain Kelas Inspirasi, Kemah Dakwah, dan Belajar Sambil Bermain serta lainnya. Menurut rencana, program itu akan dilaksanakan setiap Sabtu dan Ahad.

“Rencananya kegiatan ini akan berlangsung selama satu semester. Kemudian akan dievaluasi bersama  agar kegiatan ini dapat terukur dan mencapai tujuan bersama,” ujar Juhriati.

Katanya,  pihak yang akan terlibat dalam kegiatan ini adalah seluruh pelajar  SMP Muhammadiyah, mulai kelas satu sampai kelas tiga. Setiap siswa dan siswi telah dibagi menjadi beberapa kelompok dan  dibina selama satu semester oleh pengurus  LPA dan Dewan Guru SMP Muhammadiyah.

Juhriati mengatakan, kegiatan ini terinspirasi dari program kerja LPA,  yaitu program Sekolah Ramah Anak dan ditunjuknya SMP Muhammadiyah Kota Bima sebagai  satu di antrara tiga percontohan dalam menerapkan Program Pendidikan Karakter (PPK) oleh Kemendikbud untuk wilayah Pulau Sumbawa.

“Kami siap menjadi patner bagi sekolah manapun, menuju Sekolah Ramah Anak di kota Bima,” ujar Dosen STIH Muhammadiyah Bima ini.

Kepala SMP Muhammadiyah Kota Bima, Usman, MPd, mengapresiasi kerjasama dalam program pendidikan karakter itu. Digambarkannya, kondisi Mbojo saat ini mengalami dekadensi moral, oleh karena itu perubahan hrs mulai dari pendidikan karakter. Pembiasaan hal-hal positif  yang  dilandasi akhlak,  moral, dan disiplin.

Katanya, pendidikan karakter penting artinya bagi para pelajar.  Contohnya, bagaimana bidaya disiplin dan karakter masyarakat Jepang. Orang yang tua menyayangi yang muda, sebaliknya yang muda  mengehargai yang lebih tua.

Dia mengharapkan kerjasama ini terjalin baik untuk menyongsong Generasi Emas pada tahun 2045. “LPA agar tidak bosan bersama anak SMP Muhammadiyah. Kalau ada kekurangan maafkan, kami harapkan arahan dan bimbingan,” katanya.

Saat kegiatan usai acara pembukaan,  siswa  antusias mengikuti kegiatan. Mereka  sudah  jenuh dengan model sekolah yang monoton di dalam kelas saja.

Seperti diakui Awalul Adhar,  siswa kelas III. “Kami sangat senang karena kakak-kakak LPA Kota Bima benar-benar mengajak kami belajar sambil bermain dan juga bernyanyi bersama,” katanya. (BK22)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Pemberitaan anak yang tersangkut kasus hukum harus mengikuti Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) sesuai dengan ketentuan Dewan Pers. Masa depan anak...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Bima, ikut prihatin dengan insiden tewasnya joki cilik Muhammad Sabila, 9 tahun. Bocah warga  Desa Roka...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Pemberitaan tentang anak di Kota Bima belakangan ini sangat masif. Terutama menyangkut beredarnya video dan foto mesum anak. Tetapi, berita-berita yang...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Bima bekerjasama dengan Bidang Anak dan Perempuan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Mataram mengelar diskusi bertajuk “Media...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Bima dan Bidang Perlindungan Anak Dinas Perlindungan Perempuan Pengendalian Penduduk dan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bima,...