Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

PKM Bolo Akui sudah Awasi Proses Pembangunan

Satu di antara fasilitas yang saat ini dibangun di PKM Bolo.

Bima, Bimakini.- Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Bolo telah memenuhi proses pengawasan terhadap pembangunan fasilitas gedung di PKM setempat. Bahkan,  PKM Bolo  telah memegang dokumen pembangunan berupa gambar atau sketsanya. Demikian pengakuan Kepala PKM Bolo, Nurjanah, SKep,  Kamis (14/09/2017).

Dikatakannya, sebagai fungsi kontrol, PKM  sudah melakukan berbagai hal dalam  pembangunan fasilitas itu. Sejak awal sudah  berkoordinasi dengan pihak pelaksana. “Termasuk masalah papan informasi, kini sudah dipasang,” katanya di Bolo.

Namun, kata Nurjanah,  berkaitan dengan  dugaan penyelewengan anggaran, itu bukan ranah PKM  yang menjawabnya. Pada prinsipnya  hanya mengawal  pembangunan sesuai dokumen yang diserahkan oleh  pelaksana. “Masalah pembangunan sudah kita kawal sesuai standar yang direncanakan,” ujarnya.

Sekretaris PKM Bolo, Muhamadiyah, SKep, membenarkan penyampaian   Kepala PKM. Pihaknya  intensif  mengawasi  pembangunan gedung fasilitas itu.

Dijelaskannya,  pembangunan  fasilitas itu  tidak  sertamerta dilakukan begitu saja. Akan tetapi, merujuk kepada Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang PKM. Kemudian diperkuat  Permenkes 46 Tahun 2014 yang mengatur tentang Akreditasi PKM.

“Sehingga pembangunan itu dilakukan sesuai standar nasional. Mulai dari bentuk ruangan, tata ruangan sudah ada dalam standar nasional,” ujarnya.

Dijelaskannya, pembangunan gedung fasilitas ini dilakukan karena ada perubahan paradigma, sehingga yang diutamakan sekarang promotif dan preventif.  Pusat kendalinya adalah pada  Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM). Terkait hal itu, programer yang berkecimpung, mulai dari kesehatan lingkungan, kesehatan gizi, KIA KB yang bersifat UKM dan lain-lainnya.

Oleh karena demikian, supaya kegiatannya terarah dan fokus, mereka membutuhkan ruangan yang layak. Pada dasarnya kantornya  tidak ada sejak dulu. “Pembangunan itu dilakukan sesuai prosedur, merujuk  pada Permenkes Nomor 75 Tahun 2014,” ungkapnya.(BK36)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE meresmikan Puskesmas Kecamatan Bolo, Rabu (23/2). Agenda tersebut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Bima, sejumlah OPD,...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri,SE Kunjungan Kerja (Kunker) di Desa Tambe Kecamatan Bolo, Rabu (5/2). Selain menjaring aspirasi, bupati juga mengajak...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- Untuk memaksimalkan persiapan Re Akreditasi yang dilaksanakan sekitar bulan Agustus akan datang. Semua pegawai Puskesmas Bolo diharuskan kerja maksimal yakni tidak menyisakan...

Olahraga & Kesehatan

Bima, Bimakini.- UPT Puskesmas Bolo melalui tenaga Promkes  kembali menggelar kegiatan pelatihan kader Posyandu tingkat Kecamatan Bolo di aula Puskesmas setempat, Sabtu (12/1). Kegiatan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Rehab total Mushala Ar Rahman Puseksmas Bolo menggunakan anggaran swadaya. Staf Pusekesmas berstatus ASN dan PTT patungan. Dana yang terkumpul sebesar Rp...