NTB

Waspada Predator Anak

Ketua TP PKK NTB, Hj Erica mengingatkan orang tua melindungi anak.

Mataram, Bimakini.- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi NTB, Hj. Erica Zainul Majdi mengingatkan pentingnya pendidikan dalam membangun keluarga yang berkualitas sehingga melahirkan generasi yang sehat dan cerdas.

Mendidikanak, menurut istri Gubernur NTB ini, membutuhkan perhatian dan dukungan kebersamaan yang komprehensif dari semua elemen, baik orang tua, lembaga pendidikan maupun lingkungan sekitar.

Isteri Gubernur yang juga ulama kharismatik ini juga mengajak para ibu di NTB untuk dapat memastikan tontonan terbaik yang harus dinikmati oleh anak-anak. “Pastikan anak-anak menonton tayangan yang mendidik, yang sesuai dengan nilai-nilai luhur ajaran agama, yang membentuk akhlaq mulia dan didampingi oleh orang tua”, ujarnya.

Selain itu, kepada seluruh masyarakat juga diingatkan agar lebih waspada terhadap predator anak.

Hal itu dikatakan saat membuka Training of Trainer Parenting dan Pendewasaan Usia Pernikahan DWP Provinsi dan DWP Kab./Kota se- Provinsi NTB, di Hotel Santika, Kota Mataram, Rabu (13/9/17). Hj. Erica berpesan kepada para orang tua agar tidak terlalu mudah percaya kepada orang lain, terlebih menyangkut anak-anak kita.

“Jangan mudah percaya untuk menitipkan anak. Sebab data menunjukkan bahwa kasus-kasus kejahatan dan kekerasan pada anak justeru dilakukan oleh orang yang dipercaya oleh orang tua untuk menitipkan anak-anaknya”, ujar Hj. Erica yang hadir didampingi Ketua BKOW Prov. NTB HJ. Syamsiah M. Amin.

Penasehat Dharma Wanita Persatuan Provinsi NTB ini mengingatkan bahwa dalam proses pendidikan, para orang tua harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan guru anak-anak agar bisa saling menjaga dan saling memantau.

“Karenanya, mendidik anak itu tidak bisa sendirian harus ada kebersamaan antara orangtua dan guru”, tuturnya sembari mengutip tulisan Hillary Clinton dalam bukunya yang menyebutkan “it takes a villages to raise a child”.

“Kalau anak mau baik kita harus berbagai ilmu dengan orang tua dan ligkungan lain yang baik” tambah Hj. Erica

Lebih lanjut Hj.Erica menyampaikan penghargaan atas kiprah dan kerja nyata DWP Provinsi NTB selama ini dalam mendukung dan mengambil fungsi yang tepat dalam melengkapi urusan-urusan bidang kewanitaan di NTB. Ke depan, diharapkannya DWP Provinsi NTB dapat mengambil peran lebih dalam mengatasi berbagai upaya peningkatan gizi di NTB.

“Alhamdulillah angka gizi buruk di NTB sudah turun, tapi saya titip untuk dididik dan diajari perempuan NTB bagaimana agar anak-anak dan keluarganya cukup gizi,”harapnya.

Menurutnya, perempuan NTB perlu diperkenalkan bagaimana dan apa itu makanan bergizi. Serta makanan berbahaya yang mengandung pengawet dan pewarna. Juga perlu diingatkan para ibu untuk menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan untuk mencapai kesehatan.

Tidak bosan pula dalam setiap kesempatan Hj. Erica meminta agar kita para orang tua lebih peka terhadap perubahan perilaku anak. “Pantau perubahan pada perilaku anak jika dia biasanya ceria kemudian termenung manarik diri itu patut utk diwaspadai “, ujar Hj. Erica. (BK37)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top