Politik

1.425 Peserta Ikuti Seleksi Anggota PPS

 

Peserta test calon PPS.

Bima, Bimakini.- Sebanyak 1.425 peserta mengikuti seleksi tertulis anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, Senin (30/10/2017). Tes dilaksanakan  untuk persiapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi NTB secara serentak tahun 2018 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Siti Nursusila,  mengatakan sebamyak 1.425 peserta telah mengikuti ujian tulis calon PPS, namum ada juga yang tidak hadir. Rata-rata satu kecamatan paling tinggi lima orang yang absen.
“Kami bagi lima jona atau tempat tes seleksi PPS di wilayah Kabupaten Bima,” jelasnya.

Zona I Kecamatan Sanggar dan Tambora dihelat di aula Kantor Kecamatan Sanggar. Zona II Kecamatan Bolo, Soromandi, Madapangga, dan Donggo di SDN 5 Sila. Zona III Kecamatan Wera dan Ambalawi di Inpres Wora. Zona IV  Kecamatan Sape, Lambu, dan Wawo di Paruga Nae Wawo. Zona V Kecamatan Langgudu, Lambitu, Belo, Palibelo, Parado, Monta, dan Woha di Paruga Nae Woha.

“Soal tes tulis berkaitan tentang materi kepemiluan, tugas PPS dan tata cara pelaksanaan Pilgub,” ujarnya.

KPU  memulai tes ini secara serentak pukul 15.00 hingga 16.30 WITA dengan  40 soal. Soal langsung dihanguskan setelah KPU mengumpulkannya. “Langsung diperiksa mulai hari ini juga. Alhamdulillah tes tertulis peserta PPS berlangsung aman tanpa ada kendala,” ujarnya.

Kata dia, bukan berarti berakhirnya tes tulis ini penjaringan telah usai. Dalam tes tulis ini akan diambil enam orang, setelah tes wawancara nanti akan dijaring menjadi tiga orang.

“Masih ada tes wawancara akan dilaksanakan nanti, ambil dua kali lipat dari jumlah kuota. Tes tulis mengambil enam calon, setelah itu diwawancara menuju ke tiga,” sebutnya.

Dia berterimakasih dan bersyukur karena minat masyarakat tinggi.  Artinya merasa memiliki Pemilu. Dia berharap pada  desa yang tinggi peminat Pemilu-nya,  tinggi pula angka partisipasi masyarakatnya nanti.

“Pengumunan tanggal 2 November kemudian akan dites wawancara mulai tanggal 6 sampai 10, penentuan kelulusan tangga 12 November,” jelasnya.

Dia mengharapkan melalui tes ini mendapatkan hasil penyelenggara yang berkualitas dan memiliki integritas kuat. (BK34)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top