Peristiwa

12.916 KK di Kabupaten Bima Berkurang

ilustrasi

Bima, Bimakini.-  Berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bima merujuk   data Pemilihan Umum (Pemilu) 2013 ke data Pemilu 2018, jumlah Kepala Keluarga (KK) berkurang 12.916. “Pengurangan jumlah KK tersebut,  cukup fantastis,” ungkap Ketua Panitia Pengawas Pemillu (Panwaslu) Kabupaten Bima, Abdullah, SH saat kegiatan Focus Group Discussion di aula Hotel Pantai Kalaki, Kamis (12/10).

Dijelaskannya, pengurangan  12.916 KK itu  akan berimbas pada jumlah kursi lembaga legislatif sat ini   45.

“Tapi, jika terjadi pengurangan jumlah KK sejumlah sekian, maka otomatis jumlah kursi di  lembaga Dewan akan kurang dari jumlah saat ini pada pelaksanaan Pemilihan Legislatif 2018 mendatang,” terangnya.

Namun, katanya, terkait berkurangnya jumlah KK  itu  akan melihat lagi berapa penyerahan jumlah data Pemilih Potensial Peserta Pemilu ( DP4). Panwaslu telah bersurat kepada Disdukcapil untuk mengelarifikasi. “Namun, surat kita belum dibalas oleh Disdukcapil hingga saat ini,”  ujarnya.

Menyusul berkurangnya jumlah KK itu, Disdukcapil diminta  bekerja keras untuk menemukan jawaban apa  persoalannya. “Disdukcapil harus kerja ekstra, karena sebentar lagi pelaksanaan Pilgub akan digelar berikut disusul pelaksanaan Pileg pada 2019 mendatang,” pintanya.

Disampaikannya,  jika kekurangan jumlah KK  itu benar terjadi, maka  imbasnya otomatis jumlah kursi legislatif pada Pileg 2019 mendatang akan berkurang dari jumlah 45 kursi saat ini.  (BK29)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top