Olahraga & Kesehatan

2.930 Kelambu Anti-Malaria Dibagikan PKM Bolo

Petugas PKM Bolo saat mendata dan membagikan Kelambu Anti-Malaria di Dusun Lara Desa Tambe.

Bima, Bimakini.- Sebanyak 2.930 kelambu anti-malaria disalurkan kepada warga Desa Tambe dan Desa Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Penyaluran kelambu tersebut dilakukan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Bolo berdasarkan data tahun 2016. Penderita malaria pada  dua desa itu  di atas 1 persen.

“Dua desa ini kita salurkan kelambu ini, karena mengacu tahun lalu  angkanya masih di atas satu persen penderita malaria,” ujar  Kepala PKM  Bolo, Nurjanah, SKep, Kamis (12/10/2017).

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan program Kelambu Masal Fokus. Bantuan itu bersumber dari Global Fund Komponen Malaria (GFKM).  Penyalurannya dilakukan agar ke depan  penderita malaria  bisa berkurang dari angka 1 persen tersebut.

“Kita targetkan tahun 2019 akan datang Kecamatan Bolo tereliminasi atau bebas dari malaria,” terangnya.

Programer kegiatan Anti-Malaria PKM Bolo, Nur Rahma, AMdKep, menjelaskan satu kelambu   diserahkan pada masing-masing Kepala Keluarga (KK),  penyaluran pada dua tersebut  sudah berlangsung sejak tiga hari terakhir. “Penyaluran masih dilakukan, bagi yang sudah kebagian agar memasangnya,” ujarnya.

Dikatakannya, penderita malaria di Tambe dan Rada sesungguhnya tidak muncul di wilayah setempat. Akan tetapi, penyakit itu muncul saat mereka bekerja di daerah lain.  “Terkena malaria di daerah lain, kemudian mereka balik di desanya dan berobat di PKM Bolo ini,” tuturnya.

Meski demikian, dia mengimbau agar warga menjaga kebersihan lingkungan melalui cara  tiga M,   Membersihkan, Menyikat, dan Menguburkan. Kalau hal itu bisa dilakukan warga, penyakit malaria tidak akan mewabah lagi.

“Hal yang terpenting tetap menjaga kebersihan lingkungan agar penyakit malaria ini tidak bisa muncul dan tumbuh subur,” pungkasnya. (BK36)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top