Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Belasan Warga Monggo Keracunan Salome

Suasana saat Warga Monggo dirawat di PKM  Madapangga.

Bima, Bimakini.- Belasan warga RT 08 Desa Monggo Kecamatan Madapangga keracunan Sabtu (21/10/2017) lalu usai  mengonsumsi bakso tusuk/salome yang dijual oleh orang tidak kenal. Korban didominasi anak-anak usia 3-8 tahun.

Kapolsek Madapangga, IPDA Rusdin, Senin (21/10/2017) menjelaskan menurut keterangan keluarga korban, kronologi yang menyebabkan keracunan warga tersebut berawal anak-anak membeli salome yang dijual oleh orang tidak dikenal menggunakan sepeda motor. Pada hari yang sama, belasan warga yang menikmati salome jualan keliling tersebut mual hingga muntah. Tidak hanya itu, warga juga mengalami sakit perut, mencret, dan lemas.

“Warga yang makan salome menderita mual-mual, muntah, sakit perut, mencret hingga mengkibatkan kondisi tubuh lemah,” ujar Kapolsek di Madapangga, Senin.

Akibat kejadian itu, sebagian warga Monggo dilarikan ke Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Madapangga. Sekitar tiga orang lainnya hanya  dirawat di rumah masing-masing. Setelah mengonsumsi salome itu, warga dilarikan ke Puskesmas Madapangga.

Kepala PKM Madapangga, Eva Juniarti, SKM menyampaikan, berdasarkan data yang disimpulkan petugas, warga Desa Monggo yang mengalami keracunan sebanyak 13 orang. Dari jumlah tersebut, empat perempuan dan sembilan pria.  “Dilihat dari umur, mereka didominasi anak-anak,” kata Eva.

 

Dijelaskannya, belasan  warga tersebut masuk ke PKM tidak bersamaan, namun selang beberapa menit. Mereka mengeluhkan mual-mual, sakit perut, bahkan ada yang muntah hingga  mencret. “Semuanya warga tersebut kondisi tubuhnya lemah saat masuk PKM,” ujarnya.

Menyusul kejadian itu, petugas Sanitari PKM  bersama pihak Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Bima ke lokasi untuk mengambil sampel sisa makanan. “Warga keracunan. Diduga dari saos salome,” jelasnya.

Belasan warga yang mengalami keracunan  itu  langsung dirawat.  Bahkan, biayanya digratiskan walaupun tidak memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS). Ahad (22/10/2017) pagi, semua korban  sudah pulang. (BK36)

 

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Enam warga Desa Kananga, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, NTB terkapar akibat keracunan racun monyet. Peristiwa tersebut terjadi pada saat enam warga tersebut...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Seorang pria berusia 25 tahun yang diketahui bernama Dominggus Dara Bali, warga asal Kodi Kabupaten Sumba Barat Daya NTT, menghembuskan nafas terakhirnya...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Ratusan warga Kecamatan Monta diduga keracunan makanan, Kamis (2/4). Akibatnya, korban alami mencret, muntah, sakit perut dan sakit kepala. Informasi yang diendus,...

Peristiwa

Dompu, Bimakini.- Lembaga Legislatif Kabupaten Dompu berduka, salah satu anggota DPRD Dapil III Manggelewa dan Kilo, Dahlan, meninggal dunia. Duta PKB itu setelah sempat...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sebaiknya hati-hati mengosumsi jamur di alam, jika belum mengetahui jenisnya. Peristiwa keracunan jamur kembali dialami warga Madapangga. Sebelumnya satu keluarga asal Desa...