Pendidikan

Dirjen Kebudayaan RI Bimtek GSMS 2017

Peserta Bimtek GSMS di Mataram.

Mataram, Bimakini.- Kemendikbud RI melalui Dirjen Kebudayaan menggelar bimbingan tekhnis (Bimtek) Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) 2017 wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan yang digelar 11-13 Oktober ini berlangsung di Hotel Fave Mataram.

Kegiatan Bimtek diikuti oleh 80 kepala sekolah se-NTB, 80 seniman dan 80 assisten seniman. Bimtek ini dibuka Dirjen Kebudayaan RI yang mewakili Kabid Kebudayaan RI, Kasi Kesenian Dikbudpora Provinsi NTB, Lalu Surya Mulawarman.

Dikatakannya, GSMS 2017 merupakan program Kemendikbud yang bertujuan untuk mendekatkan para seniman untuk lingkungan sekolah. “Ini bentuk penghargaan pada seniman lokal di NTB untuk menghasilkan karya-karya inovatif,”  ujarnya yang juga sebagai seniman koreografer, Direktur SakSak Dancer Production.

Dijelaskannya, GSMS 2017 ini tidak serta merta menjadikan siswa menjadi seniman. Namun mengajak siswa untuk mencintai seni dan budayanya.

Data Dirjen Kebudayaan RI melalui Kabid Kebudayaan 1.320 seniman yang terlibat se Indonesia dalam Program GSMS. Untuk NTB sendiri masih minim guru kesenian.

Terbukti, banyak guru yang bukan sarjana kesenian mengajar seni dan budaya di sekolah masing-masing kepala sekolah diminta untuk mendata guru berlatar belakang seni dan budaya.

Bagi sekolah yang sudah menerima program GSMS 2017 ini akan dievaluasi untuk keberlanjutan di 2018. “Mari kita berkarya untuk anak bangsa dalam program gerakan seniman masuk sekolah,” pesannya.

Salah satu sekolah yang mendapatkan program pelaksanaan GSMS 2017 di Kabupaten Bima adalah SMKN 10 Bima konsentrasi seni teater.

Eka Ilham.M.Si, Koordinator Seni dan Budaya mengatakan, pendidikan karakter bisa digalakkan melalui berbagai cara, salah satunya melalui berkesenian. Dengan mengikutkan peserta didik dalam kegiatan bekesenian baik itu seni teater, seni musik, seni tari, seni rupa dan seni media dapat membangun kepribadian siswa lebih peka terhadap sesama temannya dan sifat-sifat positif lainnya.

“Kami sangat berterimakasih kepada program GSMS 2017 ini telah memberikan perubahan pada sikap dan prilaku siswa didik kami,” ujar Eka Ilham yang juga Ketua Umum Serikat Guru Indonesia (SGI) Bima ini. (BK25)

 

 

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top