Ekonomi

Diskoperindag Bimtek Simpan-Pinjam Berbasis Syariah

Nurjanah

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag)  Kota Bima mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) simpan- pinjam dan pembiayaan syariah di PLUT Kota Bima, Selasa lalu. Pesertanya  gabungan kelompok tani (Gapoktan), BUMDes, KSP/USP Koperasi.

Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Koperasi Provinsi NTB itu diikuti 40 peserta koperasi syariah.

Kepala Dinas Koperindag Kota Bima, Nurjanah, SSos,  mengatakan  tahun 2017 jumlah koperasi di Kota Bima sebanyak 182 unit. Namun,  hanya 105 koperasi yang aktif,  77 koperasi lainnya tidak aktif. Koperasi yang melaksanakan Rapat Akhir Tahun (RAT) hingga awal Oktober  ini sebanyak 55 unit.

“Target RAT tahun buku 2016 sebanyak 65 unit, karena kondisi banjir sehingga jumlah koperasi RAT tidak mencapai target,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, jumlah koperasi pola syariah sebanyak 10 unit. Saat ini, koperasi tersebut sedang  mengurus dokumen  badan hukum koperasi melalui Kementerian Koperasi dan UKM.  Selama ini,  ada kesulitan dalam pengurusan badan hukum koperasi syariah di Kota Bima karena belum memiliki DPS. “Harapan kami ke depan, pengurus koperasi syariah sudah memiliki sertifikat DPS,”katanya.

Nurjanah menginginkan melalui acara ini mengajak para pelaku dunia usaha yang sedang mengembangkan usaha dan meluaskanjaringan pasar agar memanfaatkan optensi Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di Kota Bima sebagai mitra usaha. (BK32)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top