Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Ini Aspirasi Warga Rite, Kendo, dan Lelamase ke Legislatif

Beginilah antusiasme warga Kelurahan Kendo saat mengikuti kegiatan reses.

Kota Bima, Bimakini.- Dua hari terakhir, anggota DPRD Kota Bima Dapil 3, meliputi Kecamatan Raba dan Rasanae Timur, menjaring aspirasi masyarakat dalam masa reses. Banyak harapan masyarakat disampaikan dalam kegiatan tersebut, terutama berbagai pembangunan yang belum tercakup oleh pemerintah selama ini.

Dari catatan BimaEkspres saat kegiatan reses di Kelurahan Rite,  seperti disampaikan warga H Abdul Majid, di depan anggota DPRD, menyorot pembangunan Dam Bala yang belum ada realisasi dari pemerintah. Padahal, fungsi dam itu tidak hanya  untuk kebutuhan pertanian, tetapi dapat bantu menambah  debit air dalam sumur warga.

Kata Majid,  ketiadaan dam itu rigasi untuk pengairan sawah sangat kesulitan. Untuk itu, warga berharap pembangunan Dam Bala diwujudkan. Apalagi, 90 persen warga Rite merupakan petani.

Masalah pupuk disampaikan H A Malik. Selaku pengecer pupuk kesulitan karena warga Rite bertani di luar wilayahnya dan  meminta agar bisa membeli pupuk kepadanya. Padahal, aturannya sesuai wilayah lahan. Untuk itu, dia meminta pertimbangan  DPRD. Begitu pun soal air bersih, masih menjadi masalah di Rite saat ini. Untuk itu, warga meminta pengeboran air bersih.

Soal tanggul di belakang permukiman warga RT 07 yang  jebol karena luapan banjir, kini belum ditanggulangi. Kondisi itu dikeluhkan warga. Warga lainnya berharap jalan Rite-Ndano Nae segera diaspal untuk kepentingan perekonomian.

Reses di Kelurahan Kendo, sejumlah warga berharap pembangunan jalan dan penguatan jalan ekonomi. Hal itu karena banyak warga Kendo berladang, sehingga  perbaikan jalan mendesak dilakukan agar  akses warga untuk berladang lebih mudah.

Warga juga berharap agar proyek normalisasi sungai tidak hanya menyentuh di permukiman di perkotaan saja. Masalahnya, asal banjir itu dari Kendo dan sekitarnya. Kondisi saat ini, sungai begitu sempit dan banyak tebing sungai longsor.

Lurah Kendo, Surya Mahyidin,  menyampaikan harapan warga  mengenai lampu jalan menuju Kendo. Saat ini kondisi gelap gulita. Hal itu sangat riskan ketika keluar pada malam hari. Termasuk di tempat pemakaman umum, sepertinya hanya   Kendo yang belum ada penerangannya. Kelurahan lain sudah dianggarkan.

Saat itu, warga juga memertanyakan tidak tersedianya sarana persampahan, sehingga kerap membuang sampah ke sungai. Padahal, harusnya pemerintah menyediakan sarana agar warga tidak buang sampah di sungai.

Apalagi,  selama ini pun di Kelurahan Kendo tidak mendapatkan motor sampah. Sama di Kelurahan Lelamase, rata-rata warga berharap pembangunan tidak timpang antara Barat dan Timur. Diupayakan sama, sehingga sarana prasarana kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi.

Di Kelurahan Rite, Ketua DPRD Kota Bima, Feri Sofian, berjanji akan memerjuangkannya bersama sembilan anggota DPRD Dapil 3  dalam  APBD 2018. Namun, semuanya pasti tidak bisa dipenuhi hanya memang yang prioritas utama perlu didorong. Apalagi kaitan air bersih menjadi kebutuhan wajib.  “Harus dipikirkan masalah air bersih, ironis kalau keluarga besar di Rite yang semua petani,” katanya.

Katanya,  akan diusahakan agar ada bor dalam  untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warna nanti. Bukan saja di Rite, tetapi  juga beberapa titik yang  kekurangan air bersih.

Feri mengisyaratkan semua akan diperjuangkan dan
tugas legislator memerjuangkannya.

Begitu pun disampaikan legislator  di  H Armansyah. Katanya, aspirasi warga akan difokuskan pada prioritas pada APBD 2018 nanti. Dia mengharapkan semua  aspirasi warga nanti dapat direalisasikan. (BK32)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bima kembali menggelar Rapat Paripurna Pelantikan anggota dewan Pergantian ANtar Waktu (PAW), Rabu 31 Januari...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bima menggelar rapat paripurna dalam rangka pengucapan sumpah/janji Pengganti Antar Waktu (PAW) dari Partai Bulan...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.- DPRD Kota Bima menggelar Rapat Paripurna Ke-1 dalam rangka Penetapan Program kerja tahunan DPRD Kota Bima tahun Dinas 2024 serta Penetapan...

Berita

Oleh : Munir Husen (Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Bima) Kota pada hakekatnya adalah suatu tempat yang berkembang terus menerus sesuai dengan perkembangan zaman...

Opini

Oleh : Munir Husen (Dosen Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Bima) Pemerintah Daerah dan DPRD adalah unsur penyelenggara Pemerintahan Daerah. Keberadaan anggota DPRD pada tataran...