Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Jadwal Pemilihan Wali Kota Bima 2018, Diluncurkan

Peluncuran Maskot Pemilihan Wali Kota Bima 2018.

Kota Bima, Bimakini.- Peluncuran ditandai pemukulan gong oleh Ilham Saputra dan peluncuran maskot Pemilihan Wali Kota Bima 2018. Selain itu peluncuran jingle. Pemenang utama lomba maskot adalah Dosen STIE Bima, Kamaluddin dan pemenang jingle, Rommy P, Guru SMAN 1 Kota Bima.

Karya keduanya dijadikan ikon selama berlangsungnya pemilihan Wali Kota Bima 2018. Masing-masing mendapatkan piala, piagam dan uang pembinaan.

Penyerahan hadiah juara satu, dua dan tiga dilakukan oleh Komisioner KPU RI, Ilham Saputra, Ketua KPU NTB, Aksor Ansari, PLT Sekda Kota Bima, Dr Ir H Syamsuddin MS, Kapolres Bima Kota dan Kasdim 1608 Bima.

Ketua KPU Kota Bima, Bukhari, SSos mengatakan, peluncuran ini untuk diketahui oleh masyarakat. Meskipun sudah ada pelaksanaan beberapa tahapan, seperti penentuan dan pengumuman syarat pencalonan bagi bakal calon walikota dan wakil walikota Bima.

Diharapkannya, semua tahapan berjalan dengan baik. Demikian juga keterlibatan stakehoder, seperti parpol dan calon dalam menyukseskannya. “Kami berharap stakeholder, parpol dan calon dapat melaksanakan tahapan dengan baik. Sehingga menghasilkan pemimpin yang diharapkan oleh semua masyarakat,” ujarnya.

Ketua KPU NTB, Aksor Ansari menyatakan, wujudkan Pilkada yang berintegritas, maka penyelenggara, peserta dan pemilih juga berintegritas. Ini yang akan menjadikan Pilkada lebih baik dan bersih. “Pilkada seperti ini akan mewujudkan mimpi masyarakat yang terbaik,” ujarnya.

Diingatkannya kepada penyelenggara untuk memberikan jaminan kepada peserta dan masyarakat. Yakni menunjukkan netralitas, independen, jujur, lurus dalam melaksanakan perundangan-undangan. “Agar masyarakat paham dengan keputusan penyelenggara. Hanya dengan ini masyarakat akan percaya,” pesannya.

Proses rekruitmen PKK dan PPS secara terbuka, akan memilih penyelenggara yang berkualitas. Nantinya akan terjaring figur PPK dan PPS yang terbaik dari masing-masing kelurahan.

Sementara itu, PLT Sekda Kota Bima, Dr Ir H Syamsuddin MS menyampaikan,  Pemilu telah menjadi perhatian besar masyarakat. Masyarakat semakin sadar dengan partisipasi politik. “Ini harus disikapi, agar masyarakat dewasa dalam politik,” ujarnya.

KPU juga, kata dia, harus terus memberi update informasi kepada publik. Juga memerhatikan pemetaan potensi pemilih pemula, pendataan pemilih dan faktor keamanan. “Perlu ada keterlibatan semua elemen untuk kampanyekan Pemilu yang baik,” ujarnya. (BK25)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima akan melaksanakan Pleno Rekepitulasi Hasil Pemungutan Suara Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024, Kamis 29...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Komisi pemilihan umum (KPu) Kota Bima mendistribusikan logistik pemilu 2024 mulai Selasa 13 Februari 2024. Untuk distribusi logistik KPU Kota Bima...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum (KPU) memusnahkan ribuan kartu suara yang kelebihan, baik itu dalam kondisi rusak maupun dalam kondisi baik, Selasa 13...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemiluhan Umum (KPU) Kota Bima menggelar rapat koordinasi terkait masa tenang kampanye Pemilu 2024, Jumat 9 Februari 2024. Rakor yang...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Komisi Pemilihan Umum Kota Bima, Rabu (7/2/2024) melaksanakan kegiatan sosialisasi penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2024 untuk 425 warga binaan Rumah Tahanan...