Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

MTQ NTB Dimulai, Wagub Ingatkan jangan hanya Sekadar Rutinitas

Ir. H. Rosiady H. Sayuti, Ph.D

Bima, Bimakini.- Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di halaman persiapan kantor Pemkab Bima, Kamis (26/10) malam dimulai. MTQ yang dibuka oleh Wakil Gubernur NTB, HM Amin, itu berlangsung meriah. Wagub memukul bedug menandai pembukaan.

Arena utama persis di depan persiapan kantor Pemkab Bima, Kecamatan Woha. Jika dilihat dari depan, panggung terlihat menyatu dengan bangunan kubah kantor induk yang kini sedang dirampungkan pembangunannya.

Dalam arahannya, Wagub mengingatkan MTQ bukan hanya sekadar kegiatan rutin untuk memertandingkan atau menunjukkan kemampuan yang dimiliki. Namun,  wahana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, terutama menanamkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Quran.

“Melalui penanaman nilai agama, ini menjadi dasar kekuatan bersama untuk membangun bangsa yang kuat. Menjadikan NTB daerah yang terus bersaing di kancah nasional dan internasional,” ujarnya.

Dia mengakui, potret kehidupan beragama di Provinsi NTB ini adalah panutan bagi kehidupan beragama di kancah internasional. Di daerah 1.000 masjid inilah, masyarakat NTB harus lebih menanamkan nilai-nilai agama yang terkandung di dalam Al-Quran.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“NTB dikenal di mata dunia karena kehidupan masyarakat mengedepankan nilai-nilai ke-Islam-an yang masih kental dalam pribadi masing-masing,” katanya.

Dalam sambutannya, Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, merasa bangga terselenggaranya MTQ Provinsi NTB di Kabupaten Bima. Sebagai kepala Daerah dan masyarakat, tidak sanggup melukiskan perasaannya saat ini.

“Kami berterima kasih dan bangga pada Pemerintah Provinsi atas kepercayaan untuk menyelenggarajan MTQ ini. Meskipun segala keterbatasan dimiliki, namun kebersamaan dan kegotongroyongan maka persiapan MTQ dapat dilaksanakan malam ini,”  ujarnya.

Bagi semua tamu yang hadir mengikuti rangkaian kegiatan MTQ,  Bupati menyampaikan selamat datang. Pelaksanaan MTQ Provinsi NTB sangat bersejarah bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bima, karena dilaksanakan langsung di ibu kota Kabupaten Bima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Katanya, kafilah berasal dari 10 Kabupaten dan Kota di Provinsi NTB. Mereka  ditempatkan di Kecamatan Woha dan Bolo. Penempatan  di rumah warga bertujuan agar bisa beradaptasi dengan warga dan menikmati kuliner  khas masyarakat Bima.

Dikatakannya, MTQ XXVII tahun 2017 ini sengaja memilih tema mewujudkan masyarakat NTB yang madani dan berkepribadian Al-Quran, sesuai tujuan visi misi Pemerintah Kabupaten Bima yaitu Bima RAMAH. “Ini sejalan dengan ikhtiar kami untuk mewujudkan masyarakat religius menuju Bima RAMAH. Kitab suci Al-Quran adalah tuntunan dan landasan untuk dipelajari secara terus-menerus ke generasi,” katanya.

Pembukaan MTQ dihadiri beberapa anggota DPR RI, Bupati, Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota dari 10 derah di Provinsi NTB. Selain itu, Wakil Bupati Bima, Ketua dan anggota DPRD Kabupaten, Kepala  OPD lingkup Kabupaten Bima.

Usai pembukaan,  atraksi diawali sejumlah siswa berbagai sekolah menggenakan pakaian warna hitam diiringi musik. Sambil membacakan naskah sejarah turunnya ayat-ayat Al-Quran dan penyebaran Islam di dunia. Termasuk masuknya Islam di Bima.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Tidak lama kemudian siswa menggunakan kostum hitam keluar dan masuk digantikan siswi berpakaian putih mukenah. (BK34)

 

 

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj, Indah Dhamayanti Putri, mengatakan sebenarnya bersama masyarakat tidak ingin pelaksanaan Musyabaqah Tilawatil  Quran (MTQ) ke XXVII tingkat Provinsi Nusa...

Pemerintahan

Kota Bima, Bimakini.-  Perhelatan MTQ tingkat Provinsi NTB Tahun 2017 telah berakhir Rabu malam. Hasilnya kafilah  Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Tengah menempati peringat pertama...

NTB

Bima, Bimakini.- Ada pujian yang disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Barat (NTB), HM Amin, saat menutup  MTQ XVII  NTB tahun 2017 di halaman persiapan kantor...

NTB

Bima, Bimakini.- Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat XXVII tahun 2017 yang dihelat di halaman persiapan kantor Pemkab Bima, Rabu malam,...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Babak penyisihan terakhir pada arena utama pelaksanaan Musyabaqah Tilwatil Quran (MTQ) XXVII tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2017, Senin (30/10/2017)...