Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Wagub NTB: Kesehatan Mata Penting Bagi Kehidupan

Wagub NTB, HM Amin saat Peringatan Hari Penglihatan Sedunia Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang dipusatkan di SDN 11 Mataram, Kamis (12/10/2017).

Mataram, Bimakini.- Penglihatan dan kesehatan mata adalah salah satu faktor penting dalam seluruh proses kehidupan dan proses belajar anak. Sehingga jika penglihatan bermasalah​ maka berdampak buruk pada perkembangan anak, pendidikan serta partisipasinya sebagai generasi penerus bangsa.
Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, S.H., M.Si, menyampaikan hal itu pada acara Peringatan Hari Penglihatan Sedunia Provinsi Nusa Tenggara Barat, yang dipusatkan di SDN 11 Mataram, Kamis (12/10/2017).

Wagub mengingatkan perlunya kerjasama dari semua pihak dan semua sektor yang berhubungan langsung dengan anak-anak, seperti sektor pendidikan dan kesehatan dalam mengawal dan menjaga kesehatan anak selaku generasi penerus bangsa. “Bagian dari ikhtiar yang kita lakukan sampai hari ini adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui sektor pendidikan dan kesehatan khususnya kesehatan mata,” ujarnya.
Ia berharap semua pihak meningkatkan perhatian dan memikirkan berbagai inovasi dan langkah cerdas dalam menjamin penglihatan mata anak-anak agar dapat terus maju, terus membangun dan berkarya.

Hari Penglihatan Sedunia (World Sight Day) setiap tahun jatuh pada hari kamis minggu kedua di bulan Oktober. Tujuan dari peringatan ini adalah untuk memusatkan perhatian global terhadap kebutaan dan gangguan penglihatan. Tahun ini peringatan Hari Penglihatan Sedunia jatuh pada Kamis, 12 Oktober 2017. Peringatan pada hari ini sekaligus dirangkai dengan peluncuran proyek “Seeing is Believing” oleh The Fred Hollows Foundation (FHF).

Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana S. Sos., M.H yang turut hadir pada acara tersebut mengapresiasi dan berterimakasih atas terselenggaranya acara tersebut. “Saya sangat apresiasi kegiatan peringatan hari penglihatan sedunia yang diselenggarakan di kota Mataram ini. Ini merupakan salah satu kepedulian internasional terhadap isu-isu global yang berkaitan dengan persoalan kebutaan dan masalah penglihatan. Dengan adanya kegiatan ini, Insya Allah akan semakin membuka kesadaran dan memberikan motivasi pada kita semua dan tentunya pada pemerintah dan stakeholders untuk memfokuskan perhatian kita pada persoalan-persoalan penglihatan ini”, ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan NTB, Dr. Nurhandini Eka Dewi M. Kes., SPA melaporkan bahwa FHF telah menandatangani MoU dengan Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi NTB terkait peluncuran proyek “Seeing is Believing” yang akan dilaksanakan di lima kabupaten/kota se NTB, yaitu di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Sumbawa Barat.
Proyek ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kesehatan mata kepada staf puskesmas di 97 puskesmas di lima kabupaten/kota se NTB, memberikan pelatihan screening untuk 3500 guru SD dan SMP, melakukan screening terhadap 550 ribu siswa SD dan SMP dan akses mendapatkan kacamata bagi yang membutuhkan, merujuk anak-anak yang memiliki masalah mata kompleks sampai mendapatkan rujukan rumah sakit tipe A, memberikan pendidikan kesehatan mata bagi semua siswa SD dan SMP, membuat sistem distribusi kacamata yang berkualitas baik dengan harga rendah di NTB, mendirikan Vision Center di Balai kesehatan Mata Masyarakat Mataram, sosialisasi dalam rangka menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya kesehatan mata.

Selanjutnya, Wakil Gubernur didampingi Wakil Walikota Mataram dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB bersama Perwakilan FHF dan Perwakilan Standard Chartered Bank menyerahkan kacamata kepada 13 siswa SDN 11 Mataram. (BK37)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Siti Rohmi Djalillah, MPd menyatakan kekagumannya pada komitmen Pemerintah Desa (Pemdes) Sari yang peduli dengan pengembangan literasi...

NTB

Dompu, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr HJ Siti Rohmi Djalillah mengapresiasi peran Relawan Literasi di Nusa Tenggara Barat, khususnya di Bima dan Dompu.  Hal...

NTB

Mataram, Bimakini.- Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Kabupaten Bima, yang telah keluar menjadi juara umum...

NTB

Bima, Bimakini.- Memeringati Hari Perempuan Internasional (International Woman Day) 8 Maret, Program INOVASI NTB, Pemerintah Provinsi NTB dan Universitas Hamzanwadi (UNHAM) menggelar Webinar Nasional,...

NTB

Mataram, Bimakini.- Dalam memperjuangkan perempuan dan anak di Nusa Tenggara Barat, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak. Selain itu, perlu edukasi yang konsisten terus menerus...