Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

Warga RT 05 Kelurahan Santi Santuni Puluhan Yatim Piatu

Anak yatim piatu dari Kelurahan Penanae saat menerima santunan yang diserahkan oleh sesepuh warga RT 05 Kelurahan Santi.

Kota Bima, Bimakini.- Pemberian santunan untuk anak yatim piatu dilakukan oleh panitia pelaksana peringatan tahun baru Islam 1439 Hijriyah Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Ikhlas di RT 05 RW 03 Lingkungan Santi Asri Kelurahan Santi Kecamatan Mpunda Kota Bima, Ahad (08/10) pagi. Dana yang bersumber dari warga setempat itu  diterima 72 anak.

Mereka adalah siswa Taman Kanak-Kanak, Sekolsah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama/MTs. Penerima santunan berasal dari Kelurahan Santi, Lingkungan Karara, Monggonao, Jatiwangi, Rabantala, Penanae, Rabangodu Selatan, Penaraga, dan Dodu.

Tahun 2016 lalu cakupan penerima sebanyak 57, kini bertambah menjadi 72. Setiap anak menerima uang Rp50.000 dan nasi kotak.

Saat itu, tausiyah mengenai pentingnya menyantuni anak yatim piatu disampaikan oleh Ustaz Farhan Bil Islam, SAg.  Kegiatan itu yang kedua kalinya juga dihadiri orang tua anak-anak penerima santunan.

Ustaz Farhan, yang juga warga RT 05 Santi, mengingatkan pentingnya menyantuni anak yatim piatu karena akan membuktikan kemantapan keimanan seseorang. Dia berharap masyarakat Muslim, khususnya warga Kelurahan Santi, menyadari kewajiban ini karena berkaitan dengan kualitas keagamaan masing-masing.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ketua panitia pelaksana, Muhammad Fikrillah, menjelaskan pemberian santunan untuk kedua kalinya itu merupakan bukti kekompakan warga setempat. Dia mengapresiasi warga yang menyisihkan sebagian rezekinya untuk anak yatim piatu dan memercayakan pada panitia untuk memfasilitasi pendistribusiannya.     “Saya ucapkan terima kasih untuk warga RT 05 Kelurahan Santi atas dana santunannya. Semoga menjadi catatan amal saat hari akhir nanti,” harapnya.

Katanya, kegiatan pemberian santunan itu merupakan ekspresi warga RT 05 RW 03 Kelurahan Santi merayakan Tahun Baru Islam. Tahun ini, dari dana yang terkumpul bisa mengakomodir 72 anak yang sebagian besar adalah warga luar Santi.

Diakuinya, sesepuh warga setempat meminta agar kuantitasnya semakin bertambah pada masa mendatang dan harapan itu akan diupayakan. Namun, semuanya ditentukan oleh semangat kebersamaan warga.

Foto BIM: Anak-anak yatim piatu saat berada di Mushala Al Ikhlas RT 05 Kelurahan Santi.

Pengelola LKSA Rumamori Kota Bima, Sri Wahyuni, SPt, mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi  santunan itu. Apalagi, ada sejumlah anak binaannya menerima santunan. Menurutnya, kegiatan ini secara langsung menanamkan makna Tahun Baru Islam kepada masyarakat setempat dalam cara yang lebih bermakna.

Dia mengapresiasi panitia pelaksana kegiatan memeringati Tahun Baru Islam, khususnya bagi warga Kelurahan Santi, yang begitu peduli dan menyumbangkan sebagian rezekinya untuk anak-anak yatim piatu. Bukan saja anak-anak dari Penanae, tetapi Kota Bima umumnya. “Semoga bantuan itu bernilai ibadah, selalu diberikan kesehatan dan rezeki melimpah dan berkah dari Allah,” ujarnya melalui email, Ahad malam.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia pun berharap tahun depan jumlah penerima santunan semakin bertambah,  karena sesungguhnya masih banyak anak yatim piatu yang memang tidak tersentuh bantuan maupun perhatian dari pemerintah. (BK22)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

NTB

Bima, Bimakini.- Kepekaan Sosial Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah terhadap kondisi sosial ekonomi dan kesehatan masyarakat tak pernah padam. Kali ini merespon pengaduan di media...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Begitu kerasnya kehidupan dunia sudah dirasakan Muslimah (7) warga bermukim di Lingkungan Karara Kelurahan Monggonao Kecamatan Mpunda Kota Bima. Berbeda dengan anak...