Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

122 Rumah Warga di Monggo Terendam banjir

Banjir kiriman pegunungan Kecamatan Donggo menerjang Dusun Tolonggero

Bima, Bimakini.- Sebanyak 122 rumah warga di Desa Monggo Kecamatan Madapangga terendam banjir, Sabtu (18/11). Tembok pagar Puskesmas Pembantu (Pustu) sepanjang 21 meter jebol dan aspal juga rusak.

Kepala Desa Monggo, Mayor Abdul Majid mengatakan air banjir setinggi 1 meter menggenangi 122 rumah warga. “Tetapi tidak ada korban jiwa maupun korban lain,” ucapnya ditemui, Sabtu.

Bencana alam, sambungnya, tetap dirasakan warga setiap tahunnya. “Banjir ini terjadi akibat sungai Raba Mpangi tidak memiliki pembuangan akhir,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, aliran air pada sungai Raba Mpangi menuju Dam Beringin, sehingga menjadi dangkal dan daya tampung berkurang. “Air meluap ke permukiman warga,” tuturnya.

Persoalan tersebut telah dilaporkan pada Dinas PU dan BPBD Kabupaten Bima agar mengeruk Dam Beringin. Tetapi hingga sekarang belum direspon. “Kita sudah laporkan, bahkan ajukan proposal pada 2016,” ucapnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Kapolsek Madapangga, IPDA Rusdin, membenarkan ada bencana banjir di Dusun Tolonggeru tersebut. berdasarkan laporan petugas Pustu, Abdul Azis, sekitar pukul 13.00 WITA hujan lebat sekitar 2 jam lamanya.

Hingga pukul 15.30 WITA, ungkapnya, banjir kiriman dari pegunungan Kecamatan Donggo menuju perkampungan Dusun Tolonggeru. “Tetapi tidak lama, karena dusun itu berada di lereng pegunungan,” kisahnya mengutip laporan Abdul Azis.

Banjir hanya numpang lewat Dusun Tolonggeru, selanjutnya menuju areal persawahan So Tolobou hingga menggenangi permukiman warga Monggo.

“Tembok pagar Pustu sepanjang 21 meter jebol. Kerugian sekitar 25 juta. Tidak ada korban jiwa dan ternak,” tuturnya. (YAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Selain ratusan rumah warga di tiga desa di Kecamatan Monta, Senin (22/1) terdampak banjir.  Juga fasilitas umum, seperti SMPN I Monta, tergenang...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima mendistribusi bantuan bagi korban banjir di Kecamatan Monta, Selasa (23/1). Bahkan, Bupati dan Wakil Bupati Bima meninjau langsung...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Banjir yang terjadi Senin (22/1) di Kecamatan Monta, menyebabkan 160 Kepala Keluarga (KK) terdampak. Dua desa yang terdampak, yakni Sie dan  Desa...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Ratusan hektar lahan pertanian terdampak banjir, Sabtu (13/1) di 13 Desa dan lima Kecamatan di Kabupaten Bima. Tidak hanya itu lebih dari...

Peristiwa

Bima, Bimakini.-  Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Bima, Sabtu (13/1) sore hingga malam, mengakibatkan 13 desa di lima kecamatan dilanda banjir. Bahkan ketinggianya mencapai...