Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Di Lombok Timur, Presiden Jokowi Kunjungi Ponpes NW Anjani

Kunjungan Presiden RI, Jokowi di Ponpes NW Anjani.

Mataram, Bimakini.- Agenda pertama Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, dalam rangkaian kunjungan kerjanya selama dua hari di NTB, adalah mengunjungi Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan (NW) Anjani di Desa Anjani, Kecamatan Suralaga, Kabupaten Lombok Timur, Kamis pagi (23/11/2017).

Presiden yang didampingi Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, tiba di Anjani tepat pukul 09.00 Wita, mengenakan busana kain sarung dipadukan kemeja putih dan jas warna hitam. Presiden disambut Bupati Lotim, H. Ali BD dan pengurus Pondok Pesantren Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani, Ummi Hj. Sitti Raihanun bersama Pengurus Besar NW Anjani lainnya, diantaranya H. Lalu Gde Wirasakti Amir Murni, Tuan Guru H. Lalu Gde Muhammad Zainuddin Atsani, Lalu Gde Syamsul Mujahidin, Dr. H. Lalu Muhyi H. Abidin beserta istri masing-masing dan para Masyaikh Mahad PBNW Anjani.

Sekitar 15 menit Presiden Joko Widodo mengadakan silaturahmi dengan Pengurus Besar (PBNW) Anjani di ruang transit Kantor Sekretariat PBNW Anjani. Usai silaturahmi, kemudian didampingi Gubernur TGB dan Ummi Hj. Sitti Raihanun beserta sejumlah Pengurus PBBW Anjani lainnya, Presiden berjalan kaki menuju Aula Ponpes yang berjarak sekitar 50 meter di sebelah barat kantor sekretariat tersebut. Di tempat itu, Presiden disambut Salawat Nahdlatain oleh ribuan santri/santriwati yang sejak pagi sudah antusias menanti kedatangan Presiden RI yang merakyat tersebut.

Dalam pidatonya Presiden Jokowi mengungkapkan sudah cukup lama ingin berkunjung di Ponpes Syaikh Zainuddin Nahdlatul Wathan Anjani ini. Terlebih sebelumnya, kata Presiden Jokowi bahwa Pimpinan Ponpes NW Anjani, Ummi Hj. Sitti Raihanun sudah tiga kali berkunjung dan bersilaturrami menghadap Presiden di Istana Negara di Jakarta. Terakhir kali Ummi Hj. Sitti Raihanun berkunjung ke Istana Negara, ungkap Presiden adalah 9 Nopember 2017, saat pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Maulana Syaikh, TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur hari ini diberi kesempatan untuk bisa bersilaturrahmi dengan pengurus besar NW Anjani,” ujarnya. “Berarti kunjungan pertama ini merupakan balasan atas kunjungan pimpinan NW Anjani sebelumnya,” tambah Presiden.
Presiden Joko Widodo juga mengungkapkan bahwa Ummi Hj. Sitti Raihanun telah mengundangnya untuk berkunjung kembali ke Anjani pada bulan Maret 2018 mendatang.

Dihadapan ribuan santri dan pengurus besar NW Anjani, Presiden mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah mengkaruniai negara besar Indonesia. Sebuah negara yang kaya raya, dengan penduduk 258 juta jiwa, 714 ribu pulau, 15 ribu bahasa, sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Yakni, 87 persen dari jumlah penduduk indonesia.

Oleh karena itu, Presiden mengajak seluruh santri dan masyarakat untuk menjaga persatuan dan merawat kebhinekaan di Negara Demokrasi Pancasila ini. “Contohnya dalam politik, baik dalam pemilihan bupati/walikota, gubernur dan presiden, monggo pilih bupati/walikota yang terbaik, silahkan pilih gubernur yang terbaik dan silahkan pilih presiden yang terbaik menurut aspirasi masing-masing. Tetapi setelah itu mari kita bersatu kembali membangun bangsa dan daerah tercinta ini,” pesan Jokowi.

Selanjutnya Jokowi memberikan pertanyaan kepada para santri dan memberikan hadiah sepeda bagi santri yang mampu menjawab dengan tepat. Presiden juga membagikan buku tulis kepada ribuan santri/santriwati yang hadir.

Dari Anjani, Presiden dan rombongan melanjutkan kunjungan silaturahmi ke PBNW Pancor, sekaligus juga akan melakukan kunjungan ziarah ke makam Pahlawan Nasional Maulana Syaikh. (PUR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Presiden RI, Joko Widodo meresmikan Hunian Tetap (Huntap) di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, NTB, Kamis 29 Desember 2022. Huntap tersebut...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Kapolres Bima Kota, AKBP Rohadi, SIK, memberikan pengarahan kepada  anggota saat apel siaga di Taman Ama Hami, Kami pagi. Kapolres meminta...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Sesuai tentatif, Presiden RI, Joko Widodo, tiba di Bandara Bima, Rabu 28 Desember 2022 sore dan menginap di sebuah hotel di kawasan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pesawat Presiden Joko Widodo tiba di Bima, Rabu (28/12/2022) sekitar pukul 17.06 Wita. Menggunakan pesawat Kepresidenan, Presiden Jokowi didampingi ibu negara Iriana...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan rombongannya, diagendakan akan tiba sore hari ini, Rabu 28/12/2022 di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima....