Pemerintahan

Pemkot dan Pemkab Bima Upacara Hari Pahlawan

 

Peringatan Hari Pahlawan di Kantor Pemkot Bima.

Kota Bima, Bimakini.- Wali Kota Bima, H M Qurais menjadi Inspektur Upacara memeringati Hari Pahlawan tingkat Kota Bima di halaman Kantor Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, sementara Wakil Bupati Bima, H M Nur Dahlan, sebagai Inspektur Upacara tingkat Kabupaten Bima di halaman kantor setempat, Jum’at (10/11).

Wali Kota Bima membacakan amanat Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah Indar Parawansa. Dalam amanatnya dibacakan Qurais, menceritakan Hari Pahlawan yang diperingati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya.

“Rakyat dapat mengambil pelajaran dari apinya perjuangan para pendahulu. Api yang menjadi suasana kebatinan dan pelajaran moral bagi semua. Api yang membentuk terbangunnya Persatuan Indonesia yang terdiri atas dua hal, yakni adanya harapan dan pengorbanan,” tuturnya.

Republik Indonesia tercinta ini ketika diproklamirkan, dengan keberanian, tekad, pemikiran orisinil tentang kehidupan bernegara yang teduang dalam Pancasila dan UUD 1945 dan pengorbanan yang besar.

“Keberanian itu dapat digerakkan oleh modal tidak ternilai dan tidak kasat mata, modal itu adalah adanya sebuah harapan dan tidak bisa dilupakan bagaimana riwayat negeri kita Republik Indonesia menorehkan teladan,” terangnya.

Wakil Bupati (Wabup) Bima, Drs H Dahlan H M Noer, MPd, mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat mengenang jasa pahlawan bangsa.

“Mari kita semua mengenang dan menghargai jasa para pahlawan Bangsa,” ajak Wabup saat menjadi Irup pada upacara Hari Pahlawan.

Kemerdekaan yang diraih atas perjuangan pahlawan Bangsa adalah jembatan emas terwujudnya Indonesia merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

“Harapan dan pengorbanan mampu membentuk persatuan dan melahirkan kemerdekaan Indonesia, merawat eksistensinya dalam panggung sejarah bangsa,” tuturnya.

Momentum 10 November ini, Wabup mengajak untuk mengenang kembali sejarah perjuangan para pahlawan membela NKRI dari masa penjajah.

Upacara hari pahlawan tingkat Kabupaten Bima, dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Bima, Ketua Pengadilan Negeri Bima, Danki Brimob, Staf Ahli Bupati, Para Assisten, Kabag Lingkup Setda Kabupaten Bima, Para Kepala OPD Lingkup Pemkab Bima, Kepala Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN, BUMD, Para Veteran pejuang. (BK32/BK29)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top