Politik

Potensi Kegandaan Lintas Parpol Ditemukan

Idhar, SSos

Kota Bima, Bimakini.- Hasil penelitian administrasi terhadap Partai Politik (Parpol) Calon Peserta Pemilu 2019 ditemukan adanya potensi kegandaan. Bahkan terjadi disemua parpol yang telah mendaftar di KPU Kota Bima.

Divisi Pengawasan Panwaslu Kota Bima, Idhar, SSos menyampaikan, hasil penelitian bersama KPU ditemukan potensi kegandaan tidak hanya diinternal partai, bahkan antarpartai. Bahkan satu nama yang dimasukkan dalam Sistim Informasi Partai Politik (Sipol) ditemukan diempat Parpol.

“Satu nama tidak hanya di satu parpol, bahkan ada yang sampai empat parpol,” ungkapnya, Kamis (9/11/2017).

Terhadap yang ganda lebih dari satu parpol, kata dia, dilakukan verifikasi. Meminta pernyataan yang bersangkutan, sebenarnya keanggotaannya di Parpol mana. “Mengejutkan ada yang mengaku tidak masuk dalam satu parpol mana pun, bahkan mengira dimintai KTP-nya karena akan mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Selain itu, kata Idhar, ada juga yang tadinya ganda dan saat ditanyakan mengaku tidak memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA). Potensi kegandaan yang ditemukan itu, ada yang kesamaan nama dan NIK. “Ada yang namanya beda, namun NIK-nya sama,” terangnya.

Selanjutnya, kata dia, atas temuan ini akan rapat koordinasi dengan KPU Kota Bima. Dalam waktu dekat akan menjadwalkan pertemuan itu. (BK25)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top