Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Presiden Jokowi Ziarah ke Makam Maulana Syaikh di Pancor

Presiden RI, Jokowi saat ziarah ke makam Maulana Syaikh.

Mataram, Bimakini.- Presiden RI Joko Widodo melakukan ziarah ke makam Pahlawan Nasional asal Nusa Tenggara Barat, Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid, di Pondok Pesantren Darunnahdlatain NW Pancor, Kabupaten Lombok Timur, Kamis (23/11/2017).

Presiden tiba di lokasi sekitar pukul 10.15 Wita, disambut pengurus Yayasan Hamzanwadi, yaitu Ummi Hj. Siti Raihun, didampingi putra putrinya diantaranya Muhammad Syamsul Lutfi, Dr. Hj. Rohmi Jalilah dan sejumlah pengurus besar Nahdlatul Wathan Pancor lainnya. Presiden juga disambut sholawat dan hadrah oleh ratusan santri Ponpes setempat, yang kemudian menuju ruang transit yang telah dipersiapkan panitia untuk sejenak mengadakan pertemuan.

Didampingi Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi dan istri, Hj. Erica Zainul Majdi serta keluarga besar Maulana Syaikh, Jokowi kemudian begerak menuju kompleks makam dan langsung memanjatkan do’a untuk almarhum Maulana Syaikh. Ziarah tersebut merupakan bentuk penghormatan terhadap salah seorang putra terbaik NTB yang telah berjuang merebut dan mempertahankan serta mengisi kemerdekaan bangsa ini.

Usai berdoa kurang lebih 10 menit di makam tersebut, Presiden kemudian menuju Musholla Al Abrar yang letaknya bersebelahan dengan makam tersebut. Di musholla yang menjadi pusat perjuangan Maulana Syaikh tersebut, Presiden menggelar pembacaan Al-Qur’an bersama ribuan santri dan santriwati yang memenuhi Musholla.

Saat itu, Presiden menyampaikan bahwa sudah beberapa kali dirinya merencanakan untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar NW di Pancor. “Alhamdulillah, baru kali bisa terlaksana,” ungkap Jokowi disambut tepuk tangan ribuan santri.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Jokowi juga mengucapkan terima kasih, karena ahli waris Maulana Syaikh, Umi Hj. Sitti Raihun telah hadir di Istana Negara pada penganugerahan gelar Pahlawan Nasional Maulana Syaikh, 9 November 2017 lalu.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan para santri bahwa Indonesia ini merupakan negara besar dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.
Indonesia jelasnya, memiliki 17 ribu pulau dengan sekitar 704 suku, 1100 bahasa daerah dan 516 kota/ kabupaten. “Ini wajib kita syukuri. Bersyukur kita hidup dengan persaudaraan yang kuat,” jelas Jokowi.

Jokowi berharap nilai-nilai persaudaraan ini tetap dirawat hingga akhir zaman. Sebelum mengakhiri sambutannya, Jokowi meminta sejumlah santri dan santriwati untuk menghafal Pancasila dan nama-nama pulau di Indonesia. Gelak tawa para santri, termasuk Presiden tidak bisa ditahan saat salah seorang santri salah mengucapkan Pancasila.

“Ini bukan karena nggak bisa, tapi grogi berdiri di samping saya,” ungkap Jokowi yang menambah riuhnya suara tawa para santri.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Para santri yang dapat menghafal Pancasila dan nama-nama pulau, Jokowi memberinya hadiah sepeda.

Sebelumya, Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas keluangan waktu Presiden Jokowi mengunjungi dan bersitaurrahim dengan keluarga besar ponpes NW. Ponpes tersebut lanjut Gubernur yang lebih dikenal sebagai Tuan Guru Bajang (TGB), merupakan pusat perjuangan dan pengabdian Maulana Syaikh untuk bangsa dan negara.

“Pak Presiden, di musholla ini, berpuluh-puluh tahun, Maulana Syaikh mengajar dan berjuang. Mengisi hari-harinya di sini dengan perjuangan,” cerita TGB

Karena itu, atas nama keluarga besar NW dan masyarakat NTB, TGB menyampaikan terima kasih kepada Presiden karena telah menetapkan Maulana Syaikh sebagai Pahlawan Nasional. Seraya berdoa semoga Presiden Jokowi diberikan kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan tugas.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Kehadiran Bapak Presiden ini merupakan penguat bagi kami,” pungkasnya.

Presiden kemudian meninggalkan lokasi sekitar pukul 11.00 WITA, menuju Kota Mataram untuk membuka Munas dan Kongres Besar Ulama NU. (PUR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Presiden RI, Joko Widodo meresmikan Hunian Tetap (Huntap) di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, NTB, Kamis 29 Desember 2022. Huntap tersebut...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Kapolres Bima Kota, AKBP Rohadi, SIK, memberikan pengarahan kepada  anggota saat apel siaga di Taman Ama Hami, Kami pagi. Kapolres meminta...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Sesuai tentatif, Presiden RI, Joko Widodo, tiba di Bandara Bima, Rabu 28 Desember 2022 sore dan menginap di sebuah hotel di kawasan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Pesawat Presiden Joko Widodo tiba di Bima, Rabu (28/12/2022) sekitar pukul 17.06 Wita. Menggunakan pesawat Kepresidenan, Presiden Jokowi didampingi ibu negara Iriana...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.-Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan rombongannya, diagendakan akan tiba sore hari ini, Rabu 28/12/2022 di Bandara Sultan Muhammad Salahuddin (SMS) Bima....