Pendidikan

Salahuddin Juara Harapan Dua Pemuda Pelopor Nasional

Bupati Bima saat menyerahkan koleksi buku bacaan kepada Rumah Baca Al-Ayyubi kepada pengelola, Salahuddin.

Bima, Bimakini.- Pimpinan Rumah Baca Salahuddin Al Ayyubi, meraih juara harapan dua nasional Pemuda Pelopor bidang pendidikan. Saat tampil di Jakarta beberapa waktu lalu, memersentasikan “Perpustakaan Sebagai Destinasi Pariwisata Unggulan pada Bidang Pendidikan”.

Salahuddin mengaku bangga bisa masuk harapan dua nasional, setelah melalui presentasi yang ketat dan pengujian dedikasi. Saat itu juga peserta diwajibkan mengenakan pakaian adat dan salahuddin menggunakan katetetembe.

Selain itu, kata Salahuddin ada penilaian audio visual dari perjalanan meniti rumah baca. Untuk kepeloporan bidang pendidikan ada tujuh yang masuk nomonasi, yakni Bengkulu, Palangkaraya, Sumatera Barat, Jawa Tengah, NTB, DKI Jakarta, serta Bali.

Menurutnya, perpustakaan dapat dijadikan sebagai destinasi wisata unggulan, dengan menyediakan buku bacaan sesuai perkembangan usia, menata atau mendekorasi ruang belajar dialam terbuka, dan tidak menekan. Selain itu belajar sambil bermain, menciptakan ekonomi kreatif, serta administrasi yang baik.

“Kemarin saya langsung presentasi dengan menampilkan  foto-foto kegiatan. Tidak menggunakan makalah. Disitulah diuji semua peserta dalam mempresentasikan hasil pengalaman lapangan,” ujarnya pada BimaEkspres via Messenger, Selasa (7/11/2017).

Bagi Salahuddin, perpustakaan merupakan wadah yang paling tepat bagi mereka ingin melepaskan segala emosi bathin, sikap, prilaku dan pengalaman. Di satu sisi, orang akan lebih arif, bijaksana dan lebih dewasa dalam menyikapi fenomena yang kerap kali menelikung kehidupan. “Mengingat perpustakaan merupakan gudangnya ilmu pengetahuan yang dapat memberikan solusi terbaik bagi siapapun,” terangnya.

Dijelaskannya, wisata tidak hanya berlaku dalam kehidupan bergotong royong, seperti kehidupan sosial kemasyarakatan. Tetapi pendidikan formal dan non formal pun sama. “Seperti berlaku pada perpustakaan dan sekolah alam,” ujarnya. (BK25)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top