Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Sekda NTB: Infrastruktur Handal Percepat Pembangunan Daerah

Ir.H.Rosiady Sayuti, M.Sc.PhD

Mataram, Bimakini.- Sektor infrastruktur memegang peranan penting sebagai salah satu pendorong aktivitas pertumbuhan ekonomi daerah, sekaligus mempercepat pengembangan suatu wilayah.

“Karenanya percepatan pembangunan infrastruktur dan konektivitas wilayah, dijadikan program proritas pemerintah saat ini. Dengan infrastruktur yang handal, maka aktivitas ekonomi masyarakat diharapkan terus meningkat dan berkembang, yang pada gilirannya angka kemiskinan dapat dituntaskan,” papar Sekretaris Daerah NTB, Ir.H.Rosiady Sayuti, M.Sc.PhD, saat membuka Sosialisasi Petunjuk Teknis dan Konsultasi Program Penyelenggaraan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Infrastruktur 2018 untuk Wilayah Timur, di Mataram, Kamis (16/11/2017).

Kegiatan yang bertujuan untuk memaduserasikan perencanaan pembangunan infrastruktur antara pusat dan daerah tersebut, dihadiri staf ahli menteri PUPR bidang keterpaduan pembangunan, Ir. Adang Saf Ahmad, CES mewakili Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Kepala Dinas PUPR di Wilayah Timur Indonesia dan stakeholder terkait lainnya.

Sekretaris Daerah yang lebih akrab disapa Pak Ros itu, menyampaikan terimakasih kepada Kementerian PUPR atas ditunjuknya NTB sebagai tuan rumah pertemuan sosialisasi ini. Sebab kegiatan itu menurutnya merupakan bentuk dukungan nyata pemerintah, yang memberikan dampak langsung bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi di NTB. “Bisa kita lihat dengan banyaknya peserta yang datang dari luar NTB, meningkatkan income mulai dari transportasi, hotel maupun pusat oleh-oleh di daerah kami,” ujarnya.

Sekda juga menyinggung tentang persentase kemiskinan di NTB sebesar 16,02 persen. Angka tersebut masih di atas rata-rata nasional sehingga menjadi tugas bersama untuk mempercepat pembangunan, terutama infrastruktur dasar yang berkorelasi terhadap kemiskinan.

Pihaknya optimis, peningkatan pembangunan infrastruktur wilayah dan infrastruktur strategis lainnya akan dapat membangkitkan usaha ekonomi produktif masyarakat. “Insyaallah dengan mulai dioperasionalisasikannya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, investasi telah bergerak secara signifikan,” tuturnya.

Bahkan beberapa hotel disebutnya sudah mulai beroperasi sejak diresmikan oleh Presiden, penerbangan sudah mulai ramai karena adanya peningkatan jumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara sehingga peningkatan itu diharapkan akan dapat mengurangi angka kemiskinan secara bertahap dan tuntas pada akhirnya.

Kepala bagian fasilitas pendanaan infrastruktur daerah, Ir. Riono Suprapto, MT. melaporkan bahwa sosialisasi ini merupakan tindak lanjut setelah alokasi dana tahun 2018 ditetapkan oleh pemerintah bersama DPR RI pada awal 2017.

Sasaran dari sosialisasi hari ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang penyelenggaraan DAK tahun ini, penajaman sasaran DAK serta menciptakan komunikasi untuk meningkatkan manajemen pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan DAK infrastruktur tahun 2018. Adapun total alokasi DAK infrastruktur wilayah timur tahun 2018 sebesar 11,5 triliun dengan jumlah penerima 13 provinsi dan 198 kabupaten/kota. (PUR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah bersama kepala daerah se NTB  menemui  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Dr. Ir. H....

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- “Saat ini kita menghadapi tantangan dimana masyarakat lebih menekankan indikator pembangunan infrastruktur dan fisik, sementara di sisi lain sesungguhnya pembangunan  aspek SDM...

Pemerintahan

Dompu, Bimakini. – Kinerja Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M.Sc., disorot dan dikritik Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu. Pasalnya, sejak...

NTB

Mataram, Bimakini.- Kabar gembira bagi seluruh masyarakat Provinsi NTB yang bercita – cita menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja...

NTB

Mataram, Bimakini.- Kunjungan kerja Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah bersama jajarannya ke Pulau Dewata, pada minggu ketiga Desember 2020 lalu ditindaklanjuti serius oleh Pemprov...