Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Tim Satgas Kemendes-PDTT Tinjau Penggunaan ADD

 

Ketua Tanaga Ahli (TA) Dana Desa Kabupaten Bima, Abdul Rauf ST MM

Bima, Bimakini.- Tim Satuan Tugas (Satgas) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI dibantu Tenaga Ahli KPW5 NTB dan Tenaga Ahli Kabupaten Bima meninjau sekaligus mengaudit penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Woro Kecamatan Madapangga dan Desa Oi Saro Kecamatan Tambora, Kamis (09/11/2017).

Ketua Tenaga Ahli (TA) Dana Desa Kabupaten Bima, Abdul Rauf, mengatakan tim tersebut dating ke Bima selama dua hari dalam rangka meninjau penggunaan ADD di dua desa. “Monitoring pada dua desa itu berdasarkan pengacakan, bukan atas dasar adanya laporan,” ucapnya, Kamis.

Dikatakan Rauf, peninjauan dan audit tersebut untuk melihat perencanaan hingga pelaksanaan Dana Desa, apakah sesuai regulasi amanat Undang-undang dan berdampak kesejahteraan masyarakat.

“Kalaupun ada temuan saat audit, akan dilihat ada unsur kesengajaan atau tidak paham tim pelaksana. Jika ada unsur kesengajaan menyalahgunakan anggaran, ada pendekatan. Kalau tidak bisa dibina, direkomendasikan pemeriksaan lebih lanjut,” paparnya.

Peninjauan dan audit tersebut khusus tahun 2017. Kata dia, tidak menutup kemungkinan dilirik anggaran tahun sebelumnya. “Anggaran tahun 2015 hingga 2017 masih ada toleransi,” tukasnya.

Hasil peninjauan dan audit tersebut akan disampaikan pada Bupati Bima pada hari kelima. “Saat ekspose nanti, kita libatkan beberapa unsur, termasuk wartawan sebagai mitra meliput langsung hasil audit ini,” ungkapnya. (BK36)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.
Advertisement

Berita Terkait

Peristiwa

  Bima, Bimakini.- Hasil audit Tim Satuan Tugas (Satgas) Dana Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) RI menemukan dugaan penyimpangan pengunaan...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Terobosan baru akan dilakukan pemerintah sebagai upaya memaksimalkan pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) yang melibatkan wartawan dalam pengawasan. Jurnalis diminta menyusun Memorandum...