Peristiwa

Gaji ASN Pemkot sering Ngendap?

ilustrasi

Kota Bima, Bimakini.- Pembayaran gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Bima dikeluhkan sering ngendap di bank berhari-hari, sebelum dibayarkan. Hal itu terjadi setiap tahun memasuki bulan April hingga Desember.

Informasi yang dihimpun wartawan, sejak dua tahun diberlakukan pembayaran gaji melalui bank, tiga bulan pertama setiap tahun lancar, memasuki bulan April hingga desember mulai ngendap.

Memasuki bulan keempat, sistem bank dan bagian keuangan pemerintah mulai eror. Bertepatan hari libur, Sabtu dan Ahad, gaji akan dimasukkan hari Senin. Apabila hari Senin libur, gaji akan dimasukkan hari Selasa.

Untuk gaji ASN Desember 2017 saja, baru masuk tanggal 5 Desember. Berapa kerugian ASN atas keterlambatan itu, sedangkan biaya administrasi gaji bank lain tinggi dan dibebankan pada ASN.

ASN di Pemkot Bima pertanyakan kebijakan pemerintah kerja sama dengan Bank NTB yang memiliki tiga ATM di Kota Bima dan tidak memiliki kompetensi pelayanan.

Menyusul sering uang gaji ngendap di bank, ASN meminta kebijakan pembayaran gaji via bank dievaluasi kembali dan meminta agar dikembalikan secara manual.

Kepala BPKSAD Kota Bima melalui Kasubag Perbendaharaan dan Gaji, Heni Mayasari, membantah sengaja mengendapkan uang gaji ASN.

“Proses gaji ASN Kota Bima selalu di-input dan dikirim ke bank setiap akhir bulan, sebelum tanggal 1 pembayaran gaji. Kalau pun ada keterlambatan, bisa saja antara bank dan bendahara setiap OPD dalam pelaporan,” katanya.

Dia mengatakan, tidak ada unsur kesengajaan menyimpan uang gaji ASN dalam bank. Hanya saja, ada keterlambatan bertepatan hari libur, sehingga tidak bisa dibayarkan.

“Untuk pencairan gaji ditetapkan setiap hari kerja.
Pembayaran melalui bank lebih mudah proses administrasi dan realisasi, dari pada pembayaran manual.
Biasanya, kalau ada keluhan dari ASN, dikoordinasikan dengan bank pemberi layanan,” ucapnya.

Menyoal kelayakan dan fasilitas bank, Heni mengakui fasilitas ATM Bank NTB masih minim, namun bisa ditarik pada ATM Bersama. “Masukan ini akan kami sampaikan pada bank untuk meningkatkan pelayanan,” katanya. (DED)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top