Connect with us

Ketik yang Anda cari

Hukum & Kriminal

Kapolres: Blokade Jalan Bukan Solusi

AKBP Bagus Satryo Wibowo, SIK

Bima, Bimakini.- Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kabupaten Bima, AKBP Bagus Satryo Wibowo, SIK mengimbau masyarakat untuk tidak lagi melakukan blokade jalan. Karena itu bukan solusi terbaik dalam menyampaikan aspirasi.

Justru, kata Kapolres, blokade itu menimbulkan msalah baru. Jika tersangkut masalah hukum, maka serahkan sepenuhnya kepada kepolisian.

“Dilihat dari sudut manapun blokade jalan bukan solusi untuk memecahkan permasalah,” katanya saat menyambangi warga Desa Tambe yang menderita gangguan jiwa, Rabu (13/12/2017).

Aspirasi masalah hukum, kata dia, bisa disampaikan melalui pemerintah desa. Karena pemerintah desa adalah mitra kepolisian dan jalur koordinasinya jelas.

“Kalau memang ada aspirasi yang harus disampaikan, gunakan cara-cara yang beretika sesuai mekanisme yang berlaku,” ujarnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Masyarakat diharapkannya bersabar menunggu proses hukum di kepolisian. Karena jika membias dapat menimbulkan kegaduhan dan instabilitas. “Setiap masalah harus ditanggapi sebelum munculnya kekacauan wilayah,”bebernya.

Ditegaskannya, masyarakat jangan hanya menuntut, meminta dan memaksa, sehingga harus menutup jalan. Hal itu tidak dibenarkan Undang-undang (UU).

“Masyarakat jangan hanya menuntut dan meminta. Tapi, terbukalah untuk membantu Kepolisian dalam hal mengusut kasus, paling tidak dengan memberikan informasi akurat,” jelasnya.

Katanya, masalah yang muncul akan mudah diselesaikan, jika ada kerjasama masyarakat. (YAN)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Satuan Reserse Kriminal Polres Bima Kota akhirnya menetapkan empat tersangka dalam kasus penganiayaan yang berujung hilangnya nyawa salah seorang warga di...

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.-  Karena aksi blokade jalan,  Selasa, 14 November 2023, sekitar pukul 14:30 Wita, lima warga diamankan aparat. Tim PUMA I Polres Bima...

Hukum & Kriminal

Bima, Bimakini.-Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bima akhirnya melimpahkan tahap II berkas tersangka dan barang bukti lima belas orang tersangka kasus blokade jalan di...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Sekelompok warga atau pendukung Ardiansyah, ST Calon Kades Nomor Urut 5 Desa Sondosia, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima NTB memblokade jalan lintas Bima...

Hukum & Kriminal

Dompu, Bimakini. – Kapolres Dompu mengaku akan menindak tegas para demonstran, pelaku dan provokator yang kerap melakukan aksi blokade jalan negara saat menyampaikan pendapat...