Peristiwa

Melirik Pustaka Bergerak di Lokasi Wisata Bombo Ncera


Suasana literasi di kawasan wisata Bombo Ncera, Ahad.

Bima, Bimakini.- Banyak cara dilakukan untuk menggiarkan budaya literasi atau baca di masyarakat. Salah satunya, di lokasi Wisata Bombo Ncera, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima. Pengunjung tidak hanya menikmati suguhan air terjun, namun juga buku bacaan.

Disana terdapat permandian alami dengan lingkungan alam yang eksotik, air terjun yang menakjubkan, berhiaskan keindahan batu-batu besar, hamparan pepohonan, udara segar serta pernak pernik yang serba alami.

Seperti terlihat Ahad (3/12) kemarin, sejumlah pengunjung bersantai duduk dibebatuan besar sambil membaca buku. Bombo Ncera sendiri baru ini diresmikan oleh Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Nur, MPd. Lokasi wisata ini dikelola oleh Komunitas Pemuda Pemerhati  Bombo Ncera (KPPBN).
Sementara kegiatan literasi digagas oleh Sarangge Pustaka Semesta Bombo Ncera. Salah seorang penggerakannya, Junaidin mengungkapkan kegiatan literasi ini telah memasuki pekan ke dua. Gagasannya merujuk pada konsep pustaka bergerak. “Buku bergerak mendatangi pembaca dengan memanfaatkan secara positif kawasan wisata Bombo Ncera,” ujarnya Ahad (3/12) lalu.

Junaidin mengungkapkan meski dengan kondisi terbatas, gerakan literasi ini dimulai. Buku dibawa dari rumah menuju lokasi wisata Bombo Ncera.

“Sejauh ini, kegiatan literasi diikuti oleh mayoritas pelajar dan pemuda, semoga kedepan dapat dinikmati semua pengunjung dari berbagai lapisan masyarakat,” harapnya.

Apresiasipun muncul dari berbagai pihak, terutama generasi muda, baik yang di kampung maupun di rantauan. Mereka yang di desa membantu meringankan kaki untuk menghidupkan kegiatan literasi Sarangge Pustaka Semesta Bombo Ncera.

“Buku-buku disuguhkan setiap hari. Spesial untuk hari  Ahad pagi, para pengunjung diajak serta jogging dan jalan sehat bersama menuju kawasan wisata Bombo Ncera. Sampai di lokasi, mereka dapat langsung membaca dan mendiskusikan buku-buku yang tersedia. Bisa juga diskusi buku terlebih dahulu setelah itu membaca,” ujarnya. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top