Connect with us

Ketik yang Anda cari

NTB

Natal dan Tahun Baru Siap Diamankan

Mataram, Bimakini.- Berbagai komponen masyarakat yang berkolaborasi dengan puluhan ribu aparat keamanan di seluruh Indonesia siap mengamankan pelaksanaan natal 2017 dan liburan tahun baru 2018 mendatang. Sekitar 60.177 anggota masyarakat dan instansi terkait, ditambah 90.057 personil Polri dan 20.070 personil TNI, sehingga berjumlah 170.304 personil akan bekerja sama, mengamankan seluruh kegiatan masyarakat yang berkaitan dengan natal dan tahun baru.

Hal itu terungkap saat ratusan petugas gabungan dari berbagai institusi menggelar Apel Pasukan Operasi Lilin Gatarin 2017 dalam rangka pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Kamis (21/12/17). Apel yang dihadiri Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH., M. Si tersebut, berlangsung di Lapangan Gajah Mada Polda NTB, yang dipimpin Kapolda NTB, Brigjen Pol. Drs. Firli, M. Si.

Apel tersebut digelar untuk mengecek dan melihat langsung persiapan akhir seluruh personil yang akan bertugas mengamankan pelaksanaan liburan natal dan tahun baru. Sehingga, masyarakat yang hendak melaksanakan kegiatan untuk mengisi hari natal dan libur tahun baru mendapat jaminan keamanan serta situasai di lingkungan masyarakat berlangsung kondusif, aman, dan nyaman. Apalagi, perayaan natal dan pergantian tahun baru kali ini berlangsung bersamaan dengan libur sekolah yang juga merupakan waktu yang sangat dinantikan seluruh masyarakat di penjuru dunia dengan penuh kebahagiaan dan suka cita.

“Ini menjadi tugas kita semua sebagai aparat keamanan untuk memenuhinya”, ungkap Kapolda NTB saat membacakan sambutan Kapolri Tito Karnavian.

Kapolri menjelaskan bahwa ratusan ribu personil keamanan tersebut akan ditempatkan pada rumah-rumah ibadah, jalan-jalan lintasan arus mudik dan arus balik, objek wisata, pusat perbelanjaan, serta fasilitas transportasi yang akan digunakan seperti terminal bis, stasiun kereta api, pelabuhan dan bandara. Di tempat-tempat tersebut telah dibangun 1609 pos pengamanan 643 pos pelayanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan tolak ukur keberhasilan operasi lilin 2017 ini ditandai dengan terwujudnya keamanan kenyamanan dan ketertiban lalu lintas, menurunnya angka kejahatan, tersedianya kebutuhan dan stabilitas harga bahan pokok dan tertanggulangannya bencana alam.

Selain itu, Kapolri juga mengingatkan munculnya potensi tantangan, hambatan dan gangguan bahkan ancaman yang perlu diantisipasi. Seperti potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketersediaan dan kestabilan stabilitas harga bahan pokok, serta potensi konflik di tengah-tengah masyarakat seperti halnya aksi sweeping oleh masyarakat tertentu.

Karena itu tegasnya, diperlukan langkah-langkah antisipatif seperti meningkatkan kerjasama dan koordinasi antar lembaga yang meliputi Polri, TNI, Kementerian Perhubungan, Kementerian PU, Kementerian Kesehatan, Pertamina, dan Jasa Marga. Hal ini dilakukan tiada lain untuk menjamin kelancaran arus mudik dan arus balik.

Sedangkan untuk menjamin ketersediaan dan kestabilan harga bahan pokok Polri bersama Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, BPOM, KPPU, dan Bulog telah melakukan langkah-langkah preventif secara sinergis guna mencegah terjadinya permasalahan dalam pemenuhan kebutuhan pokok.

Upaya tersebut akan dilakukan sepanjang operasi lilin 2017 berlangsung. Operasi lilin dilakukan terhitung mulai tanggal 23 desember 2017 hingga 1 januari 2018.

Beberapa hal lain yang perlu ditekankan adalah, pertama ketatkan seluruh potensi rawan di seluruh wilayah dan tentukan cara penindakan yang tepat untuk penyusunan rencana operasi yang matang. Kedua, tingkatkan kewaspadaan akan aksi teror dan kejahatan konvensional di pusat keramaian, tempat-tempat ibadah dan tempat lainnya. Ketiga, lakukan pendekatan kepada elemen-elemen masyarakat guna mencegah aksi sweeping oleh ormas.
Keempat, optimalkan penyebaran anggota ditengah masyarakat, lakukan terobosan kreatif guna mengurai kemacetan lalu lintas, kelima optimalkan peran satgas pangan di masing-masinv daerah guna mewujudkan stabilitas harga pangan dengan menggandeng instansi terkait. Enam, perkuat kerjasama dengan seluruh stakeholder untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat.

Mengakhiri sambutannya, Kapolda NTB mengucapkan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung pelaksanaan operasi lilin gatarin 2017. “Semoga pengabdian dan kerja keras yang selama ini kita lakukan dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat”, ujarnya.

Apel gelar pasukan Operasi Lilin 2017 ini diikuti oleh Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP. Hadir pula Wakil Gubernur NTB H. Muh Amin, SH., M. Si, Danlanud, Kepala BNN NTB Basarnas, Kabinda NTB, bersama-sama unsur Forkopimda lainnya.

Usai digelar Apel tersebut, kepala Jasa Raharja Mataram menyerahkan dukungan sarana prasarana kepada Kapolda NTB guna menunjang pelaksanaan giat operasi Lilin Gatarin berupa, 150 buah traffic cone, 40 buah barricade, 350 buah rompi, 1 buah tenda 4×6 dan 2 buah tenda kerucut. Dengan tema, “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Gatarin 2017 Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Kenyamanan Pada Pelayanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018”. (PUR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Kota Bima, Bimakini.- Kapolda NTB, Irjen Pol Raden Umar Faroq, berkujung ke Kota Bima untuk memastikan situasi pascapemungutan suara. Kapolda meminta tetap menjaga situasi...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol Drs. Raden Umar Faroq, S.H, M.Hum,  mengajak seluruh personel Polres Bima Kota untuk menjaga...

Peristiwa

Kota Bima, Bimakini.- Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Irjen Pol. Raden Umar Faruoq, S.H. M. Hum, melaksanakan kegiatan bhakti sosial dengan meresmikan Rumah Sejahtera...

Pemilu Serentak 2024

Kota Bima, Bimakini.- Untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas daerah dalam menyambut Pemilu 2024, Penjabat (Pj) Wali Kota Bima Ir. H. Mohammad Rum, MT bertemu...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- “Perlu kesadaran dan tanggung jawab bersama untuk tetap menjaga situasi harmonis dan damai,” ungkap Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) NTB Irjen. Pol. Drs. Djoko...