Connect with us

Ketik yang Anda cari

Pemerintahan

Pengumuman Lelang Tanah Jaminan Ditunda

Kasmir, SSos

Bima, Bimakini.- Rencana pengumuman lelang tanah jaminan Jumat (8/12) ditunda. Pengumumannya direncanakan Seniin (11/12).

Kasubag Perlengkapan dan Rumah Tangga Bagian Umum Setda Kabupaten Bima, Kasmir, SSos mengatakan, ditundanya pengumuman nama-nama pemenang tender, karena belum tuntas melakukan verifikasi seluruh bahan peserta.

“Verifikasi bahan peserta tender masih dilakukan dan belum rampung. Karena belum rampung, akhirnya pengumumannya kita tunda dan direncanakan akan diumumkan pada Senin awal pekan ini,” terangnyadi Pemkab Bima, Jumat (8/12).

Verifikasi bahan yang belum rampung, kata dia, pengecekkan data dengan pihak Bank untuk mengetahui apakah uang yang disetorkan oleh peserta tender sesuai nominal dalam formulir penawaran atau tidak. “Jika dalam verifikasi yang dilakukan ditemukan adanya perbedaan data, dimana uang yang disetorkan di bank berbeda dengan formulir penawaran, maka digugurkan,” tegasnya.

Saat pengumuman nanti, kata dia, akan dicantumkan seluruh nama peserta lelang dengan urutan penawaran tertinggi. “Tentunya, pemenangnya nanti, pasti peserta tender dengan penawaran tertinggi,” isyaratnya.

Selain itu, kata Kasmir, seluruh nama pemenang tender, juga akan ditempelkan pada seluruh wilayah kecamatan yang ada. “Nama-nama pemenang tender, akan ditempelkan pada seluruh kantor pemerintah kecamatan,”ungkapnya.

Masih kata Kasmir, proses lelang eks tanah jaminan ini, sudah transparan dan terbuka. Karena, siapapun berhak untuk ikut tender dan menyetorkan uang penawarannya di bank.

“Dengan mekanisme seperti ini, peluang untuk neko-neko dengan oknum-oknum tertentu, sangat tipis,” tutur Kasmir.
Diharapkannya, panitia bisa menuntaskan verifikasi bahan, sehingga Senin (11/12) bisa diumumkan. Peserta tender juga diharapkan bersabar atas penundaan ini. Juga menerima hasil penetapan pemenang tender.

“Sebab, hasil penetapan nama-nama pemenang tender yang dilakukan oleh panitia betul-betul dengan penuh ketelitian berikut mengacu pada penawaran tertinggi,” tegasnya.

Apalagi, kata dia, saat ini sudah masuk Musim Hujan (MH) I, maka diupayakan lebih maksimal menuntaskan verifikasi bahan. “Kami akan manfaatkan waktu dua hari ini untuk bisa menuntaskan verifikasi bahan peserta tender dengan maksimal, supaya pada Senin (11/12) nama-nama para pemenang tender bisa diumumkan,” tandas Kasmir. (PUL/ADV)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Jumlah tanah Pemerintah Daerah Kabupaten Bima yang dilelang melalui Badan Pengelola Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) yaitu 1.588 paket dengan luas...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Proses pelelangan tanah eks jaminan di Kabupaten Bima Tahun 2021 tidak transparan. Betapa tidak, penawar teringgi kalah, hal itu diduga kuat terjadi...

Pemerintahan

Bima, Bimakini.- Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE diminta perioritaskan tanah eks jaminan untuk Kepala Desa (Kades) dan perangkat desa. Permintaan itu disampaikan...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pengumuman para pemenang tender tanah eks jaminan aparat desa dan tanah cadangan pembangunan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima musim tanam Tahun 2020...

Ekonomi

Bima, Bimakini.- Pengumuman para pemenang tender tanah eks jaminan aparat desa dan tanah cadangan pembangunan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima musim tanam Tahun 2020...