Peristiwa

Sekdes Rade Tolak Ritel Modern di Bolo, Ini Alasannya

Sekdes Rade, Saat orasi menolak Ritel Modern di Bolo, Senin.

Bima, Bimakini.- Ada yang menarik dalam aksi penolakan rencana hadirnya Alfa Mart di Kecamatan Bolo, Senin (18/12). Saat gabungan organisasi masyarakat (Ormas) menyampaikan orasi,  Sekretaris Desa (Sekdes) Rade, Kecamatan Madapangga, Amirudin, SPd ikut menyuarakan aspirasinya.

Amirudin yang masih mengenakan pakaian dinas tersebut, menolak keras kehadiran Alfa Mart. Kehadiran ritel modern itu berdampak buruk terhadap tumbuh kembangnya ekonomi tradisional di desa. “Karena akan menekan pertumbuhan ekonomi tradisional,” ujarnya.

Keberadaan ritel modern seperti ini, kata dia, menimbulkan keresahan sosial dengan terjadinya ketidakseimbangan persaingan dengan usaha kecil. “Tidak akan mampu disaingi oleh pelaku usaha kecil, dengan sendirinya semua pedagang kecil akan gulung tikar,” bebernya.

Mestinya, kata dia, pemerintah daerah mendorong terwujudnya Desa Mart atau Bumdes Mart yang secara regulasi mempunyai korelasi yang jelas. Sehingga desa bisa membangun usaha ekonomi tradisional lewat Dana Desa.

Tidak hanya itu, kata Amirudin, zona atau tempat pembangunan Alfa Mart dekat dengan pasar Sila. Itu tidak sesuai sesuai dengan Perpres Nomor 122 tahun 2007. (YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top