Pendidikan

SPPBJ dan Kontrak Buku Mulok 2017 belum Diteken

Sekdis Dikbudpora Drs. H. Lukman, MSi.

Bima, Bimakini.- Hingga kini, pengadaan buku Muatan Lokal (Mulok) tahun 2017 senilai Rp1,9 miliar belum dilaksanakan pemenang tender. Selain itu, karena Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pada Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Dikbudpora) Kabupaten Bima belum meneken dua dokumen. Selain itu, sisa waktu penggunaan anggaran hingga 25 Desember.

Kedua dokumen dimaksud, yakni Surat Perjanjian Pengadaan Barang dan Jasa (SPPBJ) dan kontrak. Sementara, pimpinan CV Usaha Mandiri, rekanan pemenang tender, disebut-sebut belum pernah berkoordinasi dengan instansi terkait.

PPK Pengadaan Buku Mulok tahun 2017, H Lukman, membenarkan hingga sekarang pengadaan buku Mulok tahun 2017 belum diadakan. “Bagaimana mau diadakan, satu sen saja uang untuk pengadaan buku Mulok belum cair,” akunya  di Palibelo, Jumat (15/12).

Proyek pengadaan buku Mulok tahun 2017, kata dia, telah ditender Unit Layanan Pengadaan (ULP) Bagian Administrasi Pembangunan Setda Bima. Pemenangnya CV Usaha Mandiri.

Semenjak usai proses tender, kata Sekretaris Dikbudpora Kabupaten Bima ini, pimpinan rekanan pemenang tender belum pernah hadir saat diundang koordinasi. “Selama Bos perusahaan itu belum menghadap koordinasi, saya tidak akan pernah mau meneken dokumen SPPBJ dan kontrak,” tegasnya.

Menurutnya, koordinasi dengan pemilik perusahaan rekanan pengada perlu dilakukan. Menyusul banyak hal yang akan dibahas bersama, supaya tidak ada kendala dan masalah dikemudian hari.

“Sudah beberapa kali saya undang, tetapi tidak pernah digubris. Ya sudah, saya juga belum mau meneken dua dokumen tersebut,” katanya.

Akhir tahun penggunaan anggaran tahun 2017, kata dia, masih tersisa sekitar 10 hari hingga memasuki tutup buku per 25 Desember 2017.
Lukman menegaskan, tidak peduli terhadap hal tersebut mengingat pengadaan buku Mulok tersebut menghabiskan uang miliaran. “Saya tidak perduli, mau akhir tahun atau tidak,” ucapnya.

Dikatakannya, ada 39 judul buku Mulok yang diadakan tahun 2017 ini. Delapan judul pemenuhan Mulok nuansa Provinsi NTB, termasuk suku Sasak dan Samawa.

“Ada 31 judul murni buku Mulok asli Bima. Termasuk, di dalamnya ada karangan almarhumah Hj Siti Mariam, tentang sejarah kesultanan, tentang budaya Bima dan lain-lain,” paparnya. (FIR)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top