Pendidikan

Tiga Bulan Gaji Mangkrak, Honorer TU SMA Meradang

ilustrasi

Bima, Bimakini.- Sudah tiga bulan, pegawai Tata Usaha (TU) SMA se Kabupaten Bima tidak menerima gaji. Tidak seperti biasanya, hingga kini belum ada kepastian.

Seperti dibeberkan pegawai honor TU SMAN 1 Madapangga, Aqidah, Siti Rustinah, SE dan Abdul Rais, SE. Mereka juga mengecek rekan sesame honor TU SMA di tempat lain merasakan hal sama.

Biasanya, mereka menerima gaji diterima tiap bulan, mulai tanggal 10. Kini sudah tiga bulan gaji tersebut tidak kunjung dibayarkan. “Itu hak kami, tolong diberikan,” keluh salah satu TU SMAN 1 Madapangga, Aqidah, Selasa (19/12).

Kata Aqidah, gaji yang diterima setiap bulannya sebesar Rp 300 ribu. Hingga kini belum ada kabar pencairan.
Mestinya, kata dia, gaji tersebut tidak terlambat, karena sangat membutuhkannya. “Kami tidak melihat besar kecil uang tersebut. Tapi, yang menjadi tuntutan kami adalah pemerintah harus komitmen untuk membayar gaji,”ujar Aqidah.

Dia mengaku tidak tahu mengapa gaji belum dibayarkan pemerintah daerah. Tidak hanya dia, namun juga honorer TU SMA se Kabupaten Bima.

“Kami sudah cek ke sekolah lain. Semua belum menerima gaji. Informasi keterlambatan tersebut kami belum ketahui lebih jelas,” terangnya.

Dijelaskannya, keterlambatan gaji tersebut hanya dirasakan oleh Tenaga Honda TU saja. Sedangkan guru honor sudah cair dan masuk di rekening. Padahal pengusulan bahan ke Pemerintah Provinsi NTB bersamaan.

“Sebelumnya, gaji kita terima lewat bendara UPTD Dikbupora Kecamatan Madapangga bersama guru. Setelah pengusulan tersebut, gaji khusus tenaga Honda belum cair dan hal itu dipertanyakan,”ungkapnya.

Dia berharap ada kepastian informasi terkait kendala proses gaji tersebut. “Mungkin uang sebesar itu tak berarti bagi orang lain. Tapi bagi kami sangatlah berharga dan dapat membantu untuk kebutuhan keluarga,” tuturnya.

Kepala UPT Layanan Dikmen PK-PLK Bima, Abas, MPd, menyampaikan bahwa persoalan itu tengah dibahas dan menunggu surat edaran Kepala Dikpora Provinsi NTB.

“Kita lagi menunggu surat edaran tersebut. Seperti apa keputusannya dan kendala belum dibayarnya gaji bagi tenaga honda TU di setiap SMA tersebut,” ujarnya.(YAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 80
    Shares

Komentar

To Top