Pendidikan

Usai Ujian, Siswa SD/MI di Wawo Isi dengan Mulok

Siswa SD/MI di Wawo yang mengisi waktu usai ujian dengan kegiatan Muatan Lokal (Mulok).

Bima, Bimakini.-  Sejumlah Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kecamatan Wawo, menuntaskan ujian semester dengan program Muatan Lokal (Mulok). Apa saja yang dilakukan siswa dalam melaksanakan Mulok?

Pantauan Bimakini.com di Wawo, Sabtu dan Senin (11/12), siswa memeraktikkan masak memasak dengan menu khas Bima, seperti mangge mada, panggang ayam, sayur bening, mie goreng, sayur urap, sambal khas Bima, dan lain-lainnya.

Kepala SDN Inpres 2 Maria, Hj Nimran, S.Pd, mengatakan, praktik Mulok itu untuk mendidik siswa agar bisa memasak, baik secara perseorangan maupun secara berkelompok. Mereka mencatatkan bahan-bahan yang diperlukan lalu meracinya hingga menjadi menu makanan yang enak dan cocok dengan lidah orang Bima.

“Praktik Mulok ini sangat bermanfaat bagi siswa karena mereka memiliki keterampilan memasak nasi dan sayur-sayuran. Selain itu, bisa membuat sambal dan memanggang ayam, menggoreng ikan, dan lainnya,” ujarnya di Sekolah setempat, Senin (11/12).

Kegiatan seperti ini, katanya, bukan saja diperuntukan bagi siswa kelas atas, tetapi juga kelas satu, dua dan tiga. Mereka secara berkelompok merencanakan apa saya yang akan dibuat dan dimasak. Setelah selesai akan dinilai dan dicicipi guru. Mereka juga berdoa bersama dan makan bersama.

“Intinya kebersamaan antara siswa dan guru terjalin baik. Bahkan, antara siswa juga saling tukar makanan agar tahu hasil karya temannya,” katanya.

Hal senada dikemukakan guru SDN 1 Maria,Sri Mulyati. Suasana saat meracik menu masakan meriah dan ada juga yang ribet banyak bertanya. Namun, dengan pengetahuan dasar yang telah mereka miliki siswa berhasil menuntaskan berbagai sajian makanan yang disiapkan.

Tidak hanya itu, katanya, suasana kompetisi juga terlihat dan menarik. Apalagi siswa mulai kelas empat hingga kelas enam mulai menonjokan kemampuan dalam meracik makanan yang enak, meski harus bertanya juga kepada guru. “Praktik Mulok seperti ini sangat bagus untuk mendidik siswa tahu bekerja secara kelompok dan hasilnya memuaskan,” katanya di sekolah setempat, Senin. (NAS)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share

Komentar

To Top