Hukum & Kriminal

Amankan Pilkada, Satgas Money Politic-Cyber Crime Dibentuk

Kasat Binmas, AKP M Yamin

Kota Bima, Bimakini.- Untuk mewujudkan Pilkada aman, damai dan berkualitas, Polres Bima Kota, membentuk Satuan Tugas (Satgas) Money Politic dan Cyber Crime. Tim ini akan begerak mengawasi, memantau dan menindak pelakunya.

Kasat Binmas Polres Bima Kota, AKP M Yamin mengatakan, Satgas Money Politic akan bertugas untuk mengawasi praktik politik uang dalam Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur NTB, Wali Kota/Wakil Wali Kota Bima 2018. Politik uang ini, dapat memicu terjadinya kerawanan dan kecurangan dalam Pilkada.

“Untuk itu perlu diawasi dan ditindak, jika ada yang terbukti melakukannya,” ujarnya, Kamis (25/1).

Selain itu, kata Yamin, dibentuk juga Tim Cyber Crime untuk memantau dan menindak pelaku ucaran kebencian di media sosial. Maka diimbau, agar pengguna media sosial tidak membuat status yang dapat dijerat hukum dan memicu timbulnya instabilitas.

“Ini semua dilakukan untuk memberikan kesejukan dalam pelaksanaan Pilkada Kota Bima,” terangnya.
Tidak hanya Polri, kata dia, TNI juga akan ikut menjamin keamanan Pilkada. Meski demikian, menjadi tanggungjawab semua pihak untuk menciptakan Pilkada damai tersebut.

Muaranya, kata dia, masyarakat dapat menentukan pilihan sesuai nuraninya, tanpa ada intimidasi dan politik uang. Masyarakat juga diimbau agar tidak mudah terprovokasi. “Mari cerminkan Kota Bima dengan demokrasi yang baik, jangan mudah diadu domba dengan acara apapun. Jangan mudah dihasut dan diprovokasi,” ingatnya.

Selain itu, Yamin juga meminta agar tidak main hakim sendiri dan menyerahkan proses hukum kepada kepolisian. “Ikuti alur hukum yang ada,” pesannya.

Meskipun pilihan beda, kata dia, silaturrahmi juga harus dijaga. Siapapun pemimpin yang terpilih nanti, harus diterima bersama. (IAN)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Share
  • 25
    Shares

Komentar

To Top