Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Panwascam RT-Raba Bekali PPL Awasi Coklit

Pembekalan oleh Panwascam Rasanae Timur untuk pengawasan Coklit, Jumat.

Kota Bima, Bimakini.- Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam)Rasanae Timur (RT) dan Raba bekali PPL untuk mengawasi kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pendataan Pemilih yang akan dilakukan PPDP, Sabtu (20/1). Hari ini kegiatan Coklit serentak dilakukan se-Indonesia.

Ketua Panwascam Rasanae Timur, Subhan mengatakan,   sudah melakukan kegiatan bimbingan dan tehnik (Bimtek) untuk pengawasan kegiatan Coklit yang mulai dilaksanakan hari ini. Bimtek juga melibatkan PPL sebagai ujung tombak pengawasan lapangan.

“Kami sudah memberikan pemahaman kepada PPL, apa yang harus dilakukan di lapangan saat kegiatan coklit yang dilakukan PPDP,” ujarnya, Jumat.

PPL, kata dia, ditekankan untuk memastikan PPDP melakukan pendataan dari rumah ke rumah. Jika ada anggota keluarga yang tidak memiliki lagi hak pilih, maka dihapus. “Contohnya, jika ada pemilih yang belum berusia 17 tahun hingga hari pemilihan, maka harus dicoret atau sudah menjadi anggota TNI/Polri,” ujarnya.

Serta memastikan, nama warga ada dalam catatan petugas coklit (form A-KWK). Ada tujuh PPL yang akan bertugas untuk melakukan pengawasan di masing-masing kelurahan di Rasanae Timur. Yakni Kelurahan Dodu, Kodo, Lampe, Nungga, Lelamase, Kumbe, serta Oi Foo.

Sementara itu, Ketua Panwascam Raba, M Jafar mengatakan, juga sudah membekali PPL untuk pengawasan Coklit oleh PPDP. Bahkan sudah dua kali memberikan bimtek kepada anggota PPL.

“Alhamdulillah, kami sudah siap untuk pengawasan Coklit dan besok (hari ini, Red) akan dilakukan coklit simbolis dari perwakilan unsure masyarakat,” ujarnya.

Untuk Kecamatan Raba, kata dia, sudah ditetapkan Lurah Penanae, H Adnan, Subhan HM Nur, M Farid (Asisten  I), H Surfil (Camat Raba), serta M Landa Perwakilan Disabilitas. (IAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Mataram, Bimakini.- Mencermati proses Pemutakhiran Data Pemilih yang kini tengah dilakukan jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU), tak sedikit ditemui masalah terutama menyoal prosedur dan...

Pemilu Serentak 2024

Bima, Bimakini.- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima, menemukan berbagai dugaan pelanggaran pada Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih serta Penyusunan Daftar Pemilih yang dilakukan...

Politik

Kota Bima, Bimakini.- Saat ini Bawaslu Kota Bima  dan jajaran mengawasi tahapan yang sedang beririsan, yaitu pemutakhiran daftar pemilih dan verfak syarat dukungan calon...

Politik

Bima, Bimakini.-  Pencocokan dan penelitan (Coklit) data pemilih pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima telah berahir. Sebelum rapat pleno, penyelenggara tingkat bawah masih...

Politik

Bima, Bimakini.- Bawaslu Kabupaten Bima mengeluarkan rekomendasi kepada KPU terkait temuan ketidaksesuaian pelaksanaan coklit oleh PPDP. Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin, SPd,  mengatakan, proses...