Connect with us

Ketik yang Anda cari

Peristiwa

SKIPM Bima Lepas Lobster Hasil Tangkapan

Pelepasan Lobster hasil sitaan SKIPM Bima di pantai Kolo, Kamis.

Bima, Bimakini.- Sebanyak 24 ekor lobster berat di bawah 200 gram hasil sita dilepas kembali oleh jajaran Stasiun Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Bima di pantai Kolo Kota Bima, Kamis (18/1).

Hadir perwakilan Polsek KP3 Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Pengawas Perikanan, dan siswa SMK Kelautan.

Kepala SKIPM Bima, Arsal, mengatakan pelepasan lobster tersebut pelaksanaan implementasi peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indomeisa Nomor 56/PERMEN-KP/2016 Tentang Penangkapan Lobster (Panulirus SPP), Kepiting (Scylla SPP), dan Rajungan (Portunus SP).

“Kami melepas liar lobster yang dilarang melibatkan komponen terkait,” jelasnya ditemui di kantornya di Kecamatan Woha, Jumat (19/1).

Lobster yang dilarang itu ditemukan petugas saat pemeriksaan lobster di Bandara Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima tujuan Denpasar.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Dia mengatakan, pelepasan itu bertujuan menjaga kelestarian dan peningkatan stok lobster, sekaligus edukasi dan sosialisasi kepada siswa dan masyarakat.

Pada 2017 lalu ada 18 eibuan ekor yang keluar dibanding tahun 2016 lalu hanya 14 ribuan, kata dia, mengalami peningkatan 23 persen.

“Adanya peningkatan tersebut karena pembatasan ukuran lobster, sehingga meningkatkan usaha nelayan dan penampung lobster,” tuturnya.

Arsal meminta masyarakat dan pelaku usaha agar tidak menangkap dan memerdagangkan komoditi itu berdasar Permen KP Nomor 56 Tahun 2016.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

“Diharapkan kesadaran pengguna jasa dan masyarakat tentang kelestarian komoditi tersebut untuk keberlanjutan dan meningkatkan komoditi lobster di masa datang,” harapnya. (MAN)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Hukum & Kriminal

Lombok Barat, Bimakini.- Taufiqurrahman (38) warga Gotong Royong No. 75 Dasan Sari, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, terpaksa ditahan anggota Unit Tipidter Polres Lobar, saat...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mendampingi Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo, saat meninjau KJA lobster dan bawal bintang di Teluk...

Peristiwa

Bima, Bimakini.- Balai Karantina Ikan Pengendalian Keamanan Hasil Perikanan dan Mutu (BKIPM) Bima kembali melepasliar 3 ekor lobster bertelur dan 27 ekor lobster di...

Ekonomi

Kota Bima, Bimakini.- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bima, Senin (19/06), menyalurkan puluhan ribu bantuan bibit ikan nila dan lele kepada sejumlah kelompok. Serahterima...

NTB

Mataram, Bimakini.- Guna melestarikan benih lobster yang potensial di wilayah laut Indonesia, maka pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan RI melarang seluruh aktivitas penangkapan/perburuan...