Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Zul – Rohmi di Antara Petarung Politik NTB

Direktur Mi6, Bambang Mei

Mataram, Bimakini.- Menjelang pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Balon) Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2018, konstelasi politik semakin hangat. Apalagi, setelah PDIP menyatakan mengusung paket Ahyar – Mori.  PKB secara mengusung Suhaili – Amin. PKS juga merapat ke Zul – Rohmi. Ada juga Balon independen Ali – Sakti yang turut meramaikan hajatan pesta demokrasi ini.

Direktur M16, Bambang Mei Finarwanto SH, menilai Pilgub NTB akan menempatkan sosok  pendatang baru, Zul-Rohmi melawan tiga jawara politik yang memiliki rekam jejak memenangkan Pilkada Kabupaten/Kota sebelumnya. Pasca PDIP NTB mengusung Ahyar – Mori, mengubah konstelasi politik di injury time. Posisi tawar politik paket Ahyar – Mori makin menguat, karena PDIP sebagai the ruling party, memiliki kalkulasi politik memback up Ahyar – Mori.

“Salah satu agenda politik besar PDIP kedepan adalah Pilpres 2019 untuk memenangkan Jokowi lagi. Maka tentu PDIP harus bisa memastikan bahwa semua paslon yg diusung menang dalam semua pilkada serentak agar jelas mapping suara pemilih untuk kepentingan Pilpres 2019 tersebut,” ujar Didu menganalisa dalam kontek pilkada serentak dlam siaran persnya, Jumat (5/1).

Lanjut Didu,merapatnya  PKB ke Suhaili – Amin, dari sisi bargaining politik makin kuat dan percaya diri memenangkan Pilgub NTB. “Apalagi paket Suhaili – Amin mencerminkan perimbangan politik Lombok – Sumbawa,” lanjut Didu.

Ahyar – Mori dan Suhaili – Amin, kata dia, mencerminkan kekuatan politik yang sesungguhnya. Karena dukungan afiliasi politik yang berimbang. Selain itu yang terpenting adalah, mereka memiliki pengalaman yang sama memenangkan Pilkada dua kali di wilayahnya. “Dengan pengalaman dan nama besar sebagai jawara petarung politik,  Ahyar maupun Suhaili tentu memiliki treatment khusus memenangkan oilgub NTB ini,” kata mantan Direktur Eksekutif Walhi NTB ini.

Sementara itu, Sekretaris Mi6 Lalu Athari Fathullah SE, mengatakan paket Zul – Rohmi yang diusung koalisi ramping demokrat dan PKS, merupakan wajah baru dan  belum memiliki pengalaman dalam Pilkada sebelumnya. Sebagai pendatang baru dipentas Pilgub NTB,  Zul – Rohmi diprediksi sulit menang.

Meskipun, kata dia,  dalam politik itu tidak ada yang tidak mungkin, ketika ada invisible hand turut terlibat. Zul – Rohmi tidak boleh dipandang sebelah mata, karena memiliki kekuatan dan pesona dengan jamaah NW yang solid. “Itulah modal suara Zul – Rohmi yang riil dan kongkret dalam memenangi pilgub NTB, selain indikator hasil survey yang trend elektabilitas Zul – Rohmi meningkat secara signifikan,” ungkap Athari.

Athari mengatakan, TGB akan membantu memenangkan Zul -Rohmi. “Sebagai kreator politik yang mendesign munculnya paket Zul – Rohmi, TGB pasti  memiliki kalkulasi politik yang cerdas mengatasi para jawara petarung politik itu,” tambah Athar.

Namun,  kata dia, ada yang perlu dievaluasi, karena Pilkada 2013,  NW kalah di benteng sendiri. “Selain mewakili Lombok – Sumbawa, paket Zul -Rohmi dihajatkan pula meraih suara pperempua dan pemilih milenial,” lanjut Sekretaris Mi6 ini.

Konstelasi pilgub NTB the last minute, diprediksi akan member kejutan. Karena masih ada partai yang belum mengeluarkan SK dukungan. “Tidak tertutup kemungkinan partai yang semula mendukung calon tertentu, bisa berubah haluan paslon yang diusung karena ada perubahan sikap politik DPP partai tersebut,” tutup Didu. (PUR)

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Mataram, Bimakini.- Pilkada NTB telah berakhir, dan KPU NTB sudah menetapkan pasangan Dr Zulkieflimansyah dan Dr Sitti Rohmi Djalilah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur...

Politik

Bima, Bimakini.- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bima menemukan ketidaksesuaian antara DPT dengan C6 saat pemunggutan suara Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur NTB. Komisioner Panwaslu Kabupaten...

Politik

Sumbawa Besar, Bimakini.- Tidak ada keraguan lagi Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah SE., M.Sc—Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah M.Pd unggul...

Politik

Mataram, Bimakini.- Proses rekap pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB oleh DPW PKS dan DPD Demokrat hampir memasuki babak akhir. Perhitungan form C1 KWK...

NTB

Mataram, Bimakini.- Calon Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah, menyatakan komitmennya untuk terus membangun prestasi olahraga NTB, jika ia terpilih menjadi Gubernur NTB periode lima tahun...