Connect with us

Ketik yang Anda cari

Politik

Paket Zul-Rohmi, Pertaruhan Prestise dan Truff Politik TGB

Dr. H. Zulkieflimansyah dan Hj. Sitti Rohmi Djalilah

Mataram, Bimakini.- Salah satu daya tarik Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB 2018, terletak pada paket Zul-Rohmi. Selain dinilai melawan mainstream politik, juga terkesan ada hidden agenda.

Apalagi, figur Zul yang dianggap hadir dari kelompok minoritas, namun berada pada level atas. Sementara Rohmi yang dipandang dari kelompok mayoritas, berada diposisi kedua.

Lembaga Mi6 justru melihat disinilah kecerdikan politik mendesign paket Zul-Rohmi. Ada celah dan kesempatan yang hendak dimainkan dibalik kemunculan paket Zul-Rohmi.

Paket Zul-Rohmi pasti memiliki kalkulasi yang kuat dan alasan pembenar untuk politik konvensional. Semangat mendekonstruksi pola pikir lama sejatinya ingin ditampilkan dengan munculnya Zul Rohmi.

Direktur Mi6, Bambang Mei Finarwanto yang akrab dipanggil Didu melihat Zul-Rohmi sebagai antitesa melawan kecendrungan  dan pakem politik ortodok. “Maka jangan heran, ibarat kuda pacu langkah dan manuver politik Zul Rohmi dalam menggalang dukungan dan simpati rakyat sedemikian ofensif dan intensif.  Dengan tim ramping plus mobilitas dengan daya jelajah  cepat  dan masiv dari satu titik ke titik lain, makin sulit ditandingi,” ujarnya di Mataram, Kamis.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Didu menduga, sebagai kreator politik Zul Rohmi, TGB ingin memainkan psikologi paslon lain dengan memasang paket Zul- Rohmi yang tidak populer, lemah sekaligus aneh. “Tentu sebagai arsitek politik , TGB  punya hidden agenda yang belum saatnya diungkap,” katanya.

Didu melihat sejatinya TGB mempertaruhkan segalanya dibalik kreasi politiknya  Zul Rohmi. TGB sadar bahwa eksperimen paket ini akan memberi effect domino yang luas dan dasyat. “Sadar posisinya dipandang  underdog, Zul-Rohmi justru menjawabnya dengan makin rapi bergerak dan seolah olah tanpa beban,”ujar mantan Eksekutif Daerah Walhi NTB.

Kecepatan gerak Zul-Rohmi dalam melakukan penetrasi dan membuka jejaring baru, sebagai strategi taktis menambah barisan loyalis vottersnya di tengah lambannya gerak Paslon lain. “Celah ini yang kemudian dimanfaatkan Zul-Rohmi masuk ke jantung pertahanan paslon dikala lengah,” tambahnya.

Meskipun demikian lanjut Didu , dengan empat Paslon yang tampil di PilGub NTB kekuatan politik dan dukungan semua calon berimbang. “Tidak ada Matahari tunggal di PilGub NTB,” ujar Didu sembari menyebut bocoran info lembaga survey konon  elektabilitas masing-masing paslon tidak terpaut dan Zul Rohmi masuk urutan keempat elektabilitasnya.

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Selanjutnya Direktur Mi6 ini minta agar  paket Zul-Rohmi sebagai anti tesa politik  perlu menyakinkan ke publik yang masih ragu akan ikhtiar dan kapasitasnya. Belajar dari kemenangan TGB dalam pilkada 2008 silam yang menjadi paslon tidak diunggulkan dibanding incumbent saat itu. Diprediksi  Zul Rohmi diarahkan seperti nostalgia politik TGB tahun 2008 yang berakhir dengan Happy ending tersebut.

Sebagai sutradara politik , lanjut Didu , Gerakan dan manuver Zul-Rohmi mirip dengan apa yang dilakukan TGB dulu. Mengandalkan kecepatan gerak dalam melakukan penetrasi step by step pada konsentrasi pemilih . Ciri lainnya adalah Zul Rohmi cenderung menguasai kantong-kantong pemilih dipinggiran atau akar rumput.

Didu memprediksi pascapenetapan Paslon oleh KPU NTB 12 Februari 2018, Pilgub NTB lebih dinamis. Hal ini terkait Paslon Pilgub NTB akan melepaskan semua atribut yang melekat pada dirinya, baik sebagai bupati, walikota dan anggota parlemen.

Terakhir lanjut Didu, peta Pilkada serentak di NTB juga menyulitkan Paslon dan parpol untuk melakukan sinergitas kerja tim dibasis pemilih. Ini  terkait tidak liniernya koalisi Paslon di provinsi dan kabupaten/kota.” Ini tentunya secara psikologis politik akan berdampak pada kekompakan kerja teamwork jika tidak saling menjaga kepercayaan ,” pungkasnya . (PUR)

Iklan. Geser untuk terus membaca.

Ikuti berita terkini dari Bimakini di Google News, klik di sini.

Click to comment
Komentar sepenuhnya tanggung jawab pribadi. Hindari komentar bermuatan pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Berita Terkait

Politik

Mataram, Bimakini.- Lembaga Kajian Sosial dan Politik Mi6 haqqulyakin, H Zulkieflimansyah dan Hj Sitti Rohmi Djalilah, akan kembali berpasangan dan melenggang mulus dalam perhelatan...

NTB

Mataram, Bimakini.- Gubernur NTB, Dr. H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr.Hj Sitti Rohmi Djalilah, telah genap dua tahun memimpin Provinsi NTB. Berbagai torehan...

NTB

Mataram, Bimakini.- Sejak dilantik pada 19 September 2018 lalu, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Zul-Rohmi),...

Ekonomi

Mataram, Bimakini.-  Kepimpinan Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah telah hampir dua tahun. Berbagai ujian bencana alam gempa bumi dan...

NTB

Mataram, Bimakini.- Satu tahun Bang Zul – Umi Rohmi menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, diapresiasi banyak pihak. Semua merasa terkesan. Karena jika diamati...